STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA CAWAS)
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui peranan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta memberikan masukan mengenai strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Cawas. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi di lapangan dan wawancara kepada informan. Partisipasi dan antusiasme pelaku UMKM dalam kegiatan sangat baik, berkontribusi aktif dalam pengadaan pelatihan Pengembangan kemasan dan re-branding produk UMKM, Digitalisasi produk UMKM “Gudeg Yogya Lumintu”, serta Pelatihan pembukuan keuangan UMKM. Dampak yang dihasilkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam menumbuh kembangkan usahanya membangun perekonomian yang lebih baik. Kegiatan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Cawas sangat bermanfaat dan diharapkan dapat berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
Alansori, Apip., Erna Listyaningsih. 2020. Kontribusi UMKM terhadap Kesejahteraan Masyarakat. CV Andi Offset: Yogyakarta.
Rachma, Fitriati. 2014. Menguak Daya Saing UMKM Industri Kreatif: Sebuah Riset Tindakan Berbasis Soft Systems Methodology. Yayasan Pustaka Obor Indonesia: Jakarta.
Sofyan, S. 2017. Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia. Vol 11 (1): 33-62.
Susila, AR. 2017. Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Menghadapi Pasar Regional dan Global. Kewirausahaan dalam Multi Perspektif.
Undari,W & Lubis, A.S. 2021. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora. Vol.6. No.1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.