PROMOSI DESA KULINER WONOREJO DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT SETEMPAT
Vika Yugi Kurniawan, Vini Rosa Dewi, Shafa Keysa Rinjani Hananta, Yohana Lianirati Kusuma Dewi
Abstract
Saat ini, Indonesia tengah berhadapan dengan wabah COVID-19. Di Indonesia, kasus COVID-19 pada bulan Agustus 2021 sendiri mencapai lebih dari 4 juta jiwa. Akibat adanya pandemi COVID-19 ini terjadi pembatasan aktivitas yang menimbulkan adanya masalah-masalah baru baik dari segi sosial, ekonomi, pendidikan maupun kesehatan. Walaupun pemerintah sudah berusaha untuk mengurangi dampak dan laju penyebaran COVID-19, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang merasakan dampak COVID-19. Dampak dari pandemi ini tak luput juga dirasakan oleh warga Desa Wonorejo. Desa Wonorejo merupakan desa yang berada di Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, dan Provinsi Jawa Tengah. Di Desa ini banyak kasus warga yang terpapar COVID-19. Selain itu, UMKM khususnya pada bidang kuliner di Desa Wonorejo mengalami penurunan pendapatan yang salah satunya disebabkan oleh menurunnya daya beli masyarakat terhadap penjualan kuliner tersebut. Banyak tempat makan di Desa Wonorejo yang cukup sepi pelanggan, padahal Desa Wonorejo sendiri memiliki banyak kuliner menarik sebagai salah satu potensi desa. Maka dari itu, Kelompok 186 KKN UNS merencanakan program kerja untuk mengembangkan potensi desa berupa promosi Desa Kuliner Wonorejo. Kegiatan ini dilakukan secara luring atau terjun langsung ke lapangan. Dalam upaya penyediaan fasilitas promosi Desa Kuliner Wonorejo, kelompok KKN UNS 186 memanfaatkan perkembangan multimedia dengan cara membuat sebuah video singkat serta pemasangan spanduk dan penyebaran pamflet. Dengan program kerja ini diharapkan banyak masyarakat luas yang tertarik untuk mengunjungi Desa Kuliner Wonorejo sehingga tempat makan di desa tersebut akan ramai pembeli. Dengan begitu, pendapatan warga Desa Wonorejo dapat kembali seperti semula walaupun berada di tengah kondisi pandemi COVID-19.
References
Andhika, A. 2019. Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Ke Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26-30
Mashabi, S. 2021. “UPDATE 31 Agustus: Tambah 10.534, Kasus Covid-19 di Indonesia Capai 4.089.801” dalam https://nasional.kompas.com/read/2021/ 08/31/17224231/update-31-agustus-tambah-10534-kasus-covid-19-di-indonesia-capai-4089801, diakses 6 September 2021
Rispawati, D. 2018. Optimalisasi Sistem Pemasaran Dilihat Dari Internal Usaha Kuliner Dalam Mendukung Ekowisata Pada Kawasan Pantai Cemara ( Kasus Dusun Cemara Desa Lembar Selatan Kabupaten Lombok Barat - Provinsi Nusa Tenggara Barat). STABILITY Journal of Management & Business, 1(2), 157-170
Tjiptono, F. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yunita, D., & Sekarningrum, B. 2020. Integrasi Potensi Wirausaha Dalam Mewujudkan Citaman Sebagai Desa Wisata. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3)