PENGEMBANGAN UMKM SEBAGAI PENGUATAN EKONOMI KREATIF DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ERA INDUSTRI 4.0 DI DESA CANDIWULAN, KECAMATAN KEBUMEN, KABUPATEN KEBUMEN

Sorja Koesuma, Idzaa Zubdatun Thoyyibah, Fina Nihaya, M. Iqbal Zidny, Nurhasanah Nurhasanah, Wahyu Nanda Oktivani, Lina Muliana, Alfi Hidayat, Liliana Triatmajaning Wibowo, Yunita Endang Puspitajati Sekarningrum, Rezkiana Yoga Putri

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan kegiatan usaha perorangan atau badan usaha perorangan yang menjadi penggerak perekonomian. Banyak masyarakat yang belum mengembangkan UMKM untuk meningkatkan perekonomian salah satunya masyarakat Desa Candiwulan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, Tim KKN Tematik Integratif UNS melakukan pengabdian di Desa Candiwulan, Kecamatan Kebumen dengan tujuan untuk (1) mengetahui dan mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam perkembangan UMKM di Desa Candiwulan, (2) mengetahui dan mengatasi permasalahan pendidikan seperti kegiatan belajar mengajar selama Covid-19 di Desa Candiwulan, dan (3) membantu mengatasi permasalahan dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Candiwulan. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui metode kreatif dan tata kelola lingkungan sumber daya alam (SDA) dan pendidikan dan budaya. Bentuk kegiatan pengabdian berupa sosialisasi strategi marketing di media sosial, pelatihan pembuatan packaging dan foto produk, dan pelatihan pembuatan dried flower card box dan buket hijab. Melalui kegiatan pengabdian ini peserta pelatihan yang terdiri dari perwakilan ibu-ibu dan remaja dapat meningkatkan produktivitas untuk menghasilkan sebuah karya, menambah wawasan mengenai peran media sosial dalam penjualan produk, dan membantu warga untuk terus berupaya memajukan desanya.

Full Text:

PDF

References

Adisasmita, R. 2013. Pembangunan perdesaan: pendekatan partisipatif, tipologi, strategi, konsep desa pusat pertumbuhan. Graha Ilmu.

Ananda, A. D., & Susilowati, D. 2017. Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis industri kreatif di kota malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 1(1), 120-142.

Bakdiyono, E., & Djunaidi, M. 2016. Pemetaan dan Pengembangan Klaster Industri Mebel Menggunakan Analisis SWOT (Studi kasus: Kelurahan Gilingan Kecamatan Banjarsari, Surakarta). Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kamil, A. (2015). Industri kreatif Indonesia: Pendekatan analisis kinerja industri. Media Trend, 10(2), 207-225.

Koesuma, S. dkk (2018). Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pengurangan Risiko Bencana. Bandung: FTP PRB

Koesuma, S. dkk (2020). Buku Panduan KKN Tematik Covid-19. Bandung: FTP PR

Marlinah, L. 2019. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melalui Penguatan Sektor Ekonomi Digitalpreneur dan Creativepreneur. Ikra-Ith Ekonomika, 2(1), 32-38.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.

Sunardi W. 2018. Pembelajaran Mahasiswa KKN Terintegrasi PPM Universitas Padjadjaran Dalam Menyampaikan Prototipe Hasil Penelitian Program Academic Leadership Grant Kepada Masyarakat Pengguna dan Calon Pengguna. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Unpad, Vol 2 No 9. pp. 780-783

Universitas Sebelas Maret (UNS). 2013. Pedoman Penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret, SK Rektor 579/UN27/PP.2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.