BAHASA, SASTRA, DAN BUDAYA JAWA SEBAGAI PELUANG BERWIRAUSAHA BAGI SISWA SMA DI SUKOHARJO
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa sekolah menengah atas di wilayah Sukoharjo tentang bahasa, sastra, dan budaya Jawa yang dapat dijadikan sebagai peluang berwirausaha. Adapun metode yang digunakan ialah metode daring, hal ini dikarenakan terjadi pada masa pandemi covid-19 tahun 2020. Pelaksanaan pengabdian bahasa, sastra, dan budaya Jawa kepada siswa SMA diawali dengan penyampaian materi umum tentang wirausaha dan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang peluang-peluang yang bisa diraih dari penguasaan bidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa seperti pembawa acara Jawa, penulisan komersial dengan aksara Jawa, dan busana Jawa dan dilanjutkan dengan diskusi. Dampak dari kegiatan ialah, semakin menguatnya pemahaman siswa tentang bahasa, sastra, dan budaya Jawa sehubungan dengan kegiatan berwirausaha dan harapan mereka untuk diadakannya kembali kegiatan serupa di tahun 2021. Dengan kegiatan ini ada dua manfaat yang dapat diperoleh. Pertama, sebagai bentuk pelestarian terhadap bahasa, sastra, dan budaya Jawa. Kedua, sebagai bentuk peran serta dalam kegiatan berwirausaha.
Full Text:
PDFReferences
Alfianto, Eko Agus, 2012, Kewirausahaan: Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat, Jurnal Heritage, 1, No.2, 33-42
Aprilianty, Eka, 2012, Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2, No 3, 311-324
Bagheri, Afsaneh & Zaidatol Akmaliah Lope Pihie, 2010, Entrepreneurial Leadership Learning; In Search of Missing Links, Procedia Social and Behavorial Sciences, 470-479
Manurung, Hendra, 2013, Peluang Kewirausahaan Sekolah Melalui Kreativitas dan Inovasi, Journal of Business and Entrepreneurship, 1, No 1, 1-28
Mulyani, Endang, 2011, Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8, No 1, 1-18
Rakib, Muhammad, 2010, Pengaruh Model Komunikasi Wirausaha, Pembelajaran Wirausaha, dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kecil, Jurnal Ilmu Pendidikan, 17, No 2, 121-129
Rusdiana, A. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Saragih, Rintan, 2017, Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial, Jurnal Kewirausahaan STIE LMII Medan, 3, No 2, 26-34
Suharti, Lieli & Hani Sirine, 2011, Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13, No 2, 124-134
Utomo, Hardi, 2014, Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial, Jurnal Among Makarti, 7, No 14, 1-16
Wahyudin, Uyu, 2012, Pelatihan Kewirausahaan Berlatar Ekokultural untuk Pemberdayaan Masyarakat Miskin Pedesaan, Jurnal Mimbar, XXVIII, No 1, 55-64
Yuwono, Susatyo & Partini. 2008. Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Terhadap Tumbuhnya Minat Berwirausaha, Jurnal Penelitian Humaniora, 9, No 2, 119-127
Refbacks
- There are currently no refbacks.