OPTIMALISASI SISTEM PEMBELAJARAN DARING MEMBACA BERITA COVID 19 DALAM BAHASA ARAB UNTUK PARA GURU MADRASAH DI WILAYAH SRAGEN DAN BOYOLALI

Muhammad Yunus Anis, Arifuddin Arifuddin, Muhammad Farkhan Mujahidin

Abstract

Pengembangan Temamerupakan unsur penting dalam usaha membaca dan menulis kreatif khususnya terkait pemberitaan Covid 19. Pandemi yang sudah menjadi isu global ini perlu untuk dielaborasi dari sudut pandang telaah secara holistic pemberitaan covid 19 dalam bahasa Arab, bagaimana
pemberitaan tersebut mempengaruhi pembaca, khususnya dalamsosialisasi bahaya covid 19 dan
sosialisasi terkait anjuran untuk melakukan physical distancing dan himbauan untuk belajar dari rumah. Mitra dari pengabdian masyarakat ini adalah guru bahasa Arab yang ada di MAN Sragen dan
SMU 4 Andong Boyolali. Bagaimana para guru bahasa Arab tersebut memanfaatkan secara optimal
system pembelajaran daring, khususnya dalam proses penerjemahan teks-teks berbahasa Arab (L1)
kedalam bahasa Indonesia (L2) terkait covid 19. Hal ini perlu dilakukan pendampingan secara khusus
dan sosialisasi agar program pencegahan dan reduksi bahaya dari covid 19 ini bias berhasil teratasi.
Program pengabdian masyarakat ini akan dilakukan secara daring. Secara daring dapat menggunakan beberapa platform khususnya SPADA UNS dan OCW UNS. Materi secara daring difokuskan
pada kajian teks-teks berita bahasa Arab. Tujuan utama dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memotivasi para guru untuk terus giat dan semangat memanfaatkan berita bahasa Arab sebagai
salah satu media dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya penguatan kosa kata baru berbasis
berita bahasa Arab terkait covid 19.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.