Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for AGRITEXTS: Journal of Agricultural Extension?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Mohon pelajari pedoman penulisan AGRITEXTS : Journal of Agricultural Extension dan ikuti instruksi ini dengan seksama. Naskah yang tidak mengikuti instruksi akan dikembalikan untuk revisi tanpa ulasan. Dewan Redaksi berhak untuk mengembalikan naskah yang tidak disiapkan sesuai dengan pedoman ini.

 

Penulis harus mengirimkan artikel melalui pengiriman online.

Artikel yang dimuat dalam jurnal ini mencakup hasil penelitian dan kajian di bidang pengembangan  masyarakat pedesaan, perhutanan sosial, kebijakan pembangunan pertanian dan pedesaan, sumber daya manusia pertanian, kelembagaan pertanian, sosiologi pedesaan, penyuluhan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, pengembangan lembaga swadaya masyarakat, pendidikan luar sekolah, sosial ekonomi pertanian, komunikasi pertanian,  gender dan pembangunan, Corporate Social Responsibility (CSR), dan pemberdayaan UMKM berbasis agroindustry.

 

Tahap Submission :

Semua artikel dikirimkan ke AGRITEXTS: Journal of Agricultural Extension, harus ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik. Makalah harus diserahkan oleh penulis melalui pengiriman online.

 

Persiapan naskah

  1. Naskah ditulis dalam 11 poin Times New Roman font 1,5 spasi di kertas A4. Margin di keempat sisi adalah 2,5 cm.
  2. Naskah file yang dikirimkan harus dalam format Microsoft Word: (DOC, DOCX) dengan ukuran tidak lebih dari 3MB.
  3. File tabel dan gambar harus dikirimkan dalam resolusi yang baik dan jelas.
  4. Teks harus dalam format satu kolom. Tata letak teks sesederhana mungkin. Sebagian besar kode pemformatan akan dihapus dan diganti saat memproses artikel.
  5. Nomor halaman terletak di kanan atas.
  6. Gambar dan tabel ditempatkan dalam manuskrip (terintegrasi dengan manuskrip utuh).
 
Bagian naskah ditulis dalam urutan ini, yaitu .:

JUDUL

ABSTRAK

PENDAHULUAN

METODE PENELITIAN

HASIL DAN PEMBAHASAN

KESIMPULAN

UCAPAN TERIMA KASIH (Jika ada)

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 1. Judul dan Penulis

Judul adalah kesempatan untuk menarik perhatian pembaca. Pembaca adalah penulis potensial yang akan mengutip artikel Anda. Judul harus akurat, tidak ambigu, spesifik dan informatif. Itu harus ditulis dengan jelas dan ringkas menggambarkan isi penelitian. Hindari singkatan dan formula jika memungkinkan.

Nama dan afiliasi penulis

Sebuah naskah memiliki penulis utama dan penulis anggota dengan nama lengkap penulis utama dan penulis anggota (tidak ada singkatan), termasuk alamat dan alamat email dengan jelas. Setiap alamat harus didahului oleh superskrip numerik yang sesuai dengan superskrip yang sama setelah nama penulis yang bersangkutan. Berikan tanda bintang (*) pada orang yang bisa dihubungi untuk korespondensi.

 

 2. Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Setiap makalah harus dilengkapi dengan abstrak dengan jumlah kata 150 hingga 250 kata. Abstrak harus terintegrasi dan independen yang terdiri dari pengantar dan tujuan, metode, hasil, kesimpulan, dan saran. Abstrak harus ditulis sebagai paragraf tunggal tanpa header ini. Untuk itu dalam abstrak tidak ada referensi  dan singkatan yang tidak standar atau tidak biasa harus dihindari, tetapi jika perlu, singkatan harus didefinisikan pada penyebutan pertama mereka dalam abstrak itu sendiri.

Kata kunci maksimal terdiri 5 kata atau frasa dalam urutan abjad yang belum digunakan dalam judul.

 

 3. Pendahuluan

Bagian pendahuluan harus menjelaskan:
1. Latar belakang penelitian
2. Tujuan penelitian
3. Ringkasan literature yang digunakan dalam penelitian
4. Kebaruan penelitian/novelty,
5. Alasan mengapa pentingnya penelitian dilakukan
Pendahuluan ditulis menggunakan kata 750 sampai dengan 1000 kata.

 

 4. Metode Penelitian

Metode penelitian harus menjelaskan :
1. Metode dan jenis penelitian
2. Waktu dan tempat pelaksanaan penelitian
3. Populasi dan sample penelitian
4. Jenis data dan metode pengumpulan data
5. Kerangka pikir penelitian
6. Analisis data yang digunakan
Metode penelitian ditulis menggunakan 600 sampai dengan 1000 kata

 

5. Hasil dan Pembahasan

Hasil penelitian terdiri dari statistika deskriptif, hasil uji asumsi, dan hasil uji hipotesis kemudian dianalisis secara kritis. Hasil dan pembahasan disajikan secara berkelanjutan, diawali dengan sajian data yang dilanjutkan dengan diskusi. Pembahasan penjelasan mengenai hasil penelitian, dikaitkan dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya, dianalisis secara kritis dan dikaitkan dengan literatur terkini yang relevan.

 

6. Kesimpulan

Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian. Kesimpulan harus dijelaskan dengan jelas. Saran disajikan secara berkelanjutan yang ditempatkan setelah kesimpulan, berisi rekomendasi penelitian atapun masukan bagi stakeholder. Kesimpulan dan saran harus ditulis kurang dari 150 kata dan harus ditulis dalam paragraf.

 

7. Ucapan Terima Kasih (Jika ada)

Ditujukan bagi pihak-pihak yang membantu dalam penelitian, terutama pihak yang mendanai penelitian dan pihak-pihak yang berkontribusi sebagai sumber data dalam penelitian.

 

8. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka ditulis dengan huruf Times New Roman 11pt, Spasi 1. Penulisan daftar pustaka menggunakan aplikasi manajemen referensi (seperti Mendeley, Endnote, Zotero, dll) dengan sistem American Psychological Association (APA) 6th edition. Harap pastikan bahwa setiap referensi yang dikutip dalam teks juga ada dalam daftar referensi (dan sebaliknya). Setiap referensi yang dikutip dalam abstrak harus diberikan secara lengkap. Semua referensi yang disebutkan harus ditulis berdasarkan abjad yang disusun dari A hingga Z.

 

Kutipan dalam teks :

Kutip referensi dalam teks dengan nama dan tahun dalam tanda kurung. Beberapa contoh: Kewirausahaan banyak ditemukan dalam kelompok-kelompok petani yang ingin membentuk bisnis bersama (Kahan, 2012). Fokus dari pertanian 4.0 adalah memanfaatkan mesin dan peralatan pertanian serta teknologi digital di sektor pertanian untuk meningkatkan produktivitas, pertanian sebagai bisnis yang lebih menguntungkan, efisien, meningkatkan nilai produk pertanian (added value), berdaya saing, lebih aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan (Dryancour, 2017; Dung & Hiep, 2017; De Clercq et al., 2018).

 

Kutipan dalam daftar pustaka :

Artikel Jurnal

Syahyuti. (2013). Pemahaman Terhadap Petani Kecil sebagai Landasan Kebijakan Pembangunan Pertanian Understanding the Small Farmers as the Basis for Agriculture Development Policy. Forum Penelitian Agro Ekonomi 31 (1) 15-29

Buku

West, R. & Lynn, H.T. (2017). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Introducing Communication Theory Analysis and Application (Jakarta:  Salemba Humanika. Jakarta)

Edited Book

Taherzadeh, M. J., & Karimi, K. (2011). Fermentation inhibitors in ethanol processes and different strategies to reduce their effects. Biofuels (1st ed.). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-385099-7.00012-7

Tesis atau Disertasi

Crosby, E. M. (2012).  Exploring Stigma, Identity Gaps, and Consumption (Doctoral Thesis). Urbana, Illinois : University of Illinois At Urbana. Diambil dari https://www.ideals.illinois.edu/bitstream/handle/2142 /30940/Crosby_Elizabeth.pdf

Web

Central Bureau Statistics of Indonesia. (2015). Produksi buah-buahan dan sayuran tahunan di Indonesia. Online: http://www.bps.go.id/site/pilihdata.

Template dapat diunduh disini.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor). Please see "Author Declaration".
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Seluruh naskah publikasi di jurnal Agritexts ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang sah. Identitas judul naskah publikasi tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi naskah menjadi tanggung jawab Penulis.

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 200000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.