STRATEGI BISNIS UMKM GETHUK BU SRI KECAMATAN NGARGOYOSO, KABUPATEN KARANGANYAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD
Abstract
UMKM memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi tingkat kemiskinan. UMKM Gethuk Bu Sri menjadi salah satu UMKM yang memproduksi singkong menjadi gethuk dan ubi menjadi timus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja UMKM Gethuk Bu Sri berdasarkan Balanced Scorecard. Informan kunci penelitian adalah pemilik, tenaga kerja, dan pelanggan UMKM. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pencatatan. Analisis data yang digunakan adalah Balanced Scorecard. Hasil pengukuran kinerja UMKM Gethuk Bu Sri dari empat perspektif Balanced Scorecard pada UMKM Gethuk Bu Sri pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja “baik” dengan skor 1, didapatkan total hasil survei kepuasan tenaga kerja sebesar 141 yang menunjukkan tenaga kerja merasa puas. Perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja “baik” dengan total skor 2, berdasarkan survey inovasi produk mendapatkan skor 1, survei proses operasi mendapatkan skor 0, dan proses layanan purna jual mendapatkan skor 1. Perspektif pelanggan menunjukkan kinerja “baik” dengan total skor 1, pelanggan merasa puas dengan total hasil survei kepuasan pelanggan sebesar 1.822. Perspektif keuangan menunjukkan kinerja “baik” dengan total skor 3, berdasarkan perhitungan Net Profit Margin mendapatkan nilai sebesar 64,43% dengan skor 1, Gross Profit Margin nilai sebesar 64,67% dengan skor 1, rasio efesiensi mendapatkan nilai sebesar 35,32% dengan skor 1. Adapun strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja meliputi: a) Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan (peningkatan kualitas tenaga kerja melalui pelatihan dan pengembangan skill); b) Perspektif Proses Bisnis Internal (mengembangkan inovasi produk dan peningkatan kualitas kemasan, membuat SOP secara tertulis dan paten, engembangan program loyalitas pelanggan ); c) Perspektif Pelanggan (menjaga kualitas produk Gethuk Bu Sri); d) Perspektif Keuangan (berkolaborasi lebih banyak dengan event organizer dan peningkatan pemasaran melalui media sosial untuk meningkatkan kesadarn merek dan menarik pelanggan baru).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.