STRATEGI PEMASARAN PRODUK ALGA TEA PADA PT ALGA ROSAN NUSANTARA KABUPATEN SIDOARJO JAWA TIMUR

Daniar Taufiqurrahman

Abstract

PT Alga Rosan Nusantara merupakan perusahaan pemasaran yang memasarkan produk nutrisi kesehatan, kosmetik, dan obat tradisional. Produk yang dipasarkan oleh PT Alga Rosan Nusantara adalah produk alami berbahan dasar kolagen halal, herbal dan bahan pangan asli Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk produk Alga Tea. Responden penelitian adalah pemilik, manajer pemaaran, karyawan, konsumen, pesaing, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan matriks IFE, EFE, grand strategy, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukan kekuatan utama terletak pada produk memiliki banyak manfaat yang menyehatkan tubuh. Kelemahan utama terletak pada kurangnya pemahaman mitra terhadap pemesanan melalui website. Peluang utama terletak pada potensi permintaan pasar yang sangat tinggi (salah satu nutisi PSDK). Ancaman utama terletak pada regulasi seperti kenaikan BBM membuat kenaikan pada seluruh biaya produksi. Posisi pemasaran produk Alga Tea PT Alga Rosan Nusantara pada matriks grand strategy berada pada kuadran I. Prioritas strategi dari hasil matriks QSP adalah penguatan branding melalui offline maupun online.

Full Text:

PDF

References

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). (2018). Khazanah Arsip Perkebunan Teh Priangan.

Arsip, IV+109.

Barkah, A., Mardiana, T., & Japar, M. (2020). Analisis Implementasi Metode Pembelajaran

Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pkn. Pedagogi: Jurnal Penelitian

Pendidikan, 7(2), 123–136. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3426

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management A Competitive Advantage Approach

Concepts and cases (S. Wall, D. Tylman, L. Albelli, S. Jakcson, & P. Banerje (eds.); 16th

ed.). Pearson education Limited.

Harisudin, M., Adi, R. K., & Qonita, R. R. A. (2022). Synergy Grand Strategy Matrix, Swot and

Qspm As Determinants of Tempeh Product Development Strategy. Journal of Sustainability

Science and Management, 17(8), 62–82. https://doi.org/10.46754/jssm.2022.08.004

IDF Diabetes Atlas, 10th Edition Committee, Xinge Zhang, Z. Z. (2021). International Diabetes

Federation. In D. J. M. Edward J Boyko, P. R. Suvi Karuranga, Lorenzo Piemonte, & H. S.

Pouya Saeedi (Eds.), Diabetes Research and Clinical Practice (10th ed., Vol. 102, Issue 2).

GLOBODIAB Research Consortium. https://diabetesatlas.org/idfawp/resource

files/2021/07/IDF_Atlas_10th_Edition_2021.pdf

Industri Teh Indonesia Menuju “Sunset”?. (2024/1/4). DetikNews. Ardiansyah. Retrieved from

https://news.detik.com/kolom/d-7120837/industri-teh-indonesia-menuju-sunset

International Trade Center

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan

Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam

Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Kaharuddin, K. (2020). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal

Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489

Larici, A., & Adawiyah, R. (2017). Inventarisasi Jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat di Desa Lahei

Kecamatan Muara Lahei Kabupaten Barito Utara. Jurnal Pendidikan Hayati, 3(2), 41–46.

Prastyo, R. I., Sukanata, I. K., & Dwirayani, D. (2020). STRATEGI PEMASARAN TEMPE

“ALI ONCOM” (Kasus di Home Industri Tempe “Ali Oncom”). Paradigma Agribisnis,

(1), 54–66. https://doi.org/10.33603/.v3i1.3549

Pratama, I. G. J., Ardani, W., & Putri, I. A. S. (2022). Pemanfaatan Presidensi G20 sebagai

Sarana Marketing dan Branding Ekonomi Kreatif pada Era Pandemi Covid-19. Lensa

Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 1(1), 28–33.

https://doi.org/10.54371/jms.v1i1.164

Purwowidodo, I. B. (2022). Fundamental Konsep Karnus (1st ed.). Penerbit Indomedia, Pustaka.

Qanita, A. (2020). ANALISIS STRATEGI DENGAN METODE SWOT DAN QSPM

(QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX): STUDI KASUS PADA

D’GRUZ CAFFE DI KECAMATAN BLUTO SUMENEP. Komitmen: Jurnal Ilmiah

Manajemen, 1(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.