Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Pisang di Desa Karanglo Kecamatan Tawangmangu

Lina Fitriyani, Heru Irianto, Umi Barokah

Abstract

Agroindustri adalah subsistem agribisnis yang memproses dan mengubah hasil pertanian. Salah satu agoindustri produk olahan yaitu keripik pisang. Pengembangkan bisnis dalam industri keripik pisang, diperlukan strategi pengembangan yang relevan dengan produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dan alternatif strategi yang bisa diterapkan dalam pengembangan agroindustri keripik pisang di Desa Karanglo Kecamatan Tawangmangu. Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penentuan lokasi dan key informan dilakukan dengan sengaja. Key informan penelitian ini meliputi pemilik, karyawan, pelanggan, dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Transmigrasi, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Karanganyar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan matriks IFE, EFE, IE, dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat diterapkan pada agroindustri keripik pisang di Desa Karanglo yaitu mempertahankan kualitas dan meningkatkan produksi keripik pisang untuk mempertahankan konsumen, meningkatkan kualitas SDM dalam proses agroindustri dengan pemanfaatan teknologi untuk menambah wilayah pemasaran baru, meningkatkan keterjaminan sediaan bahan baku dengan supplier baru dan perjanjian kontrak jangka waktu tertentu, dan menambah variasi rasa keripik pisang dan variasi kemasan untuk memenuhi selera konsumen dan menghadapi persaingan.

Full Text:

PDF

References

David, Fred. (2012). Manajemen strategis konsep, terjemahan edisi 12-buku 1. Jakarta: Salemba Empat. David, Fred. (2016). Manajemen strategik : suatu pendekatan keuanggulan bersaing. Jakarta: Salemba Fatimah, F. N. A. D. (2016). Teknik analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia. Fretes, R. A., Santoso, P. B., Soenoko, R., & Astuti, M. (2013). Strategi perencanaan dan pengembangan industri pariwisata dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM (studi kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Jurnal Rekayasa Mesin. 4(2): 109-118. Kyana, N. L. G. S. M., Tirtamara, A. A., & Yasa, N. N. K. (2023). Perumusan Strategi Pemasaran Produk Minuman Boba “Mixue” dengan Menggunakan Matriks Internal Eksternal. Jurnal Pijar. 1(3): 578-587. Martiah, A., Hamzah, Z., & Puspita, J. (2024). Analisis perilaku konsumen digital terhadap produk umkm: implikasi untuk strategi pemasaran. Jurnal Economic Edu, 5(01), 36-40. Moleong, L. J. 2017. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rasdakarya. Nadirah., Pramana, A.D.R., Zari, N. 2022. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, Mix Method (mengelola penelitian mendeley dan nvivo). Sumatra Barat: CV Azka Pustaka. Purnama, G. H., Setia, B., & Kurniawati, T. (2023). Strategi pengembangan agroindustri keripik pisang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH. 10(1): 71-78. Ratna, N. K. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sanjaya, V. F., Shelawati, D., Ghati, L., & Berama, B. (2020). IFE EFE dan Grand Strategy Industri Kuliner. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1(2): 159-170. Suciani, N. M., & Wathon, A. (2023). Strategi pengembangan usaha melalui diversifikasi produk pada Haluma Kitchen Nglawak Kertosono sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan di masa pandemi covid-19. Edukasi Masyarakat, 1(1): 27-36. Syafruddin, R. F., & Darwis, K. (2021). Ekonomi Agroindustri. Pekalongan: Penerbit NEM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.