Keefektifan Hipnoterapi Untuk Mengendalikan Nyeri Pada Pasien Yang Dilakukan Bronkoskopi Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

feilin tanita, Teguh Budi Santosa, Debree Septiawan, Rochmaningtyas HS, Yusuf Subagio Sutanto

Abstract

Pendahuluan: Bronkoskopi adalah pemeriksaan yang dilakukan secara rutin dalam pulmonologi dan dianggap tidak nyaman oleh hampir 60% pasien. Salah satu ketidaknyamanan yang dirasakan pasien saat bronkoskopi adalah nyeri. Kenyamanan pasien saat dilakukan bronkoskopi sangat penting, sebab akan mempengaruhi keberhasilan bronskoskopi. Intervensi nonfarmakologis, seperti hipnoterapi telah efektif dalam mengendalikan nyeri selama prosedur bedah dan memperpendek durasi operasi. Sehingga hipnoterapi diharapkan dapat mengendalikan nyeri pada pasien yang dilakukan bronkoskopi.

Metode: Penelitian menggunakan desain experimental randomized pretest-post-test control group design. Teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling yang dilakukan di bangsal rawat inap RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Diperoleh 37 subjek, 19 orang mendapat perlakuan hipnoterapi sebelum bronkoskopi dan 18 orang sebagai kontrol (tanpa hipnoterapi). Penilaian nyeri dengan menggunakan instrumen VAS (Visual Analogue Scale). Data dianalisis memakai Paired t test.

Hasil: Dari 37 subjek penelitian, didapatkan skor pretest VAS kelompok  perlakuan 39.47 ± 26.56 sedangkan pada kelompok kontrol 36.11 ± 26.60. Skor post test VAS pada kelompok perlakuan 28.95 ± 26.01 sedangkan pada kelompok kontrol 40.56 ± 25.08. Dari hasil analisis didapatkan perbedaan skor VAS nyeri (pre-post) antara kelompok perlakuan dan kontrol yang secara statistik bermakna dengan p= 0,006.

Kesimpulan: Hipnoterapi efektif dalam mengendalikan nyeri selama bronkoskopi.

Kata Kunci: Hypnotherapy; pain; bronchoscopy; VAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.