Optimizing Listening Comprehension: Strategies for Effective Acquisition
Dublin Core | PKP Metadata Items | Metadata for this Document | |
1. | Title | Title of document | Optimizing Listening Comprehension: Strategies for Effective Acquisition |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Ryan Purnomo; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Ana Cristanti; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Ruri Fadhilah Kurniati; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Evi Mahsunah; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Jeziano Rizkita Boyas; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia |
3. | Subject | Discipline(s) | |
3. | Subject | Keyword(s) | Keterlibatan kognitif, Strategi metakognitif, Otonomi pelajar, Pemahaman mendengarkan |
4. | Description | Abstract | Pemahaman mendengarkan, yang sering disalahartikan sebagai pasif, adalah proses kompleks dan aktif yang memerlukan keterlibatan kognitif yang signifikan. Penelitian menyoroti peran penting strategi kognitif dan metakognitif dalam meningkatkan pemahaman, dengan studi tentang otonomi pelajar menunjukkan bahwa pelajar yang mahir secara efektif memantau proses pembelajaran mereka dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk umpan balik dan peningkatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran dengan 22 siswa kelas XII TKR yang dipilih secara acak di SMK Subang. Pengumpulan data mencakup penilaian pre-test dan post-test, kuesioner terstruktur, wawancara semi-terstruktur, dan observasi kelas, sementara analisis data menggunakan metode kuantitatif (uji t berpasangan dan statistik deskriptif) dan metode kualitatif (analisis tematik wawancara dan observasi). Diskusi ini mengeksplorasi integrasi strategi kognitif dan metakognitif dalam mendengarkan bahasa kedua, menyarankan agar pendidik dapat memberdayakan siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami bahasa Inggris lisan. Dengan mengintegrasikan strategi seperti pengulangan, ringkasan, dan bertanya pada diri sendiri ke dalam pengajaran bahasa, pendidik dapat memberikan siswa alat untuk menjadi pelajar yang lebih mandiri, meningkatkan keterampilan pemahaman mendengarkan mereka, dan mendorong keterlibatan yang lebih dalam dengan materi pembelajaran, yang pada akhirnya mempromosikan retensi jangka panjang dan penerapan keterampilan bahasa dalam berbagai konteks. |
5. | Publisher | Organizing agency, location | Universitas Sebelas Maret |
6. | Contributor | Sponsor(s) | |
7. | Date | (YYYY-MM-DD) | 2024-08-18 |
8. | Type | Status & genre | Peer-reviewed Article |
8. | Type | Type | |
9. | Format | File format | |
10. | Identifier | Uniform Resource Identifier | https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/92134 |
10. | Identifier | Digital Object Identifier | https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92134 |
11. | Source | Title; vol., no. (year) | Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series; Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series |
12. | Language | English=en | |
13. | Relation | Supp. Files | |
14. | Coverage | Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) | |
15. | Rights | Copyright and permissions |
Copyright (c) 2024 Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |