Indexing metadata

Optimizing Listening Comprehension: Strategies for Effective Acquisition


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Optimizing Listening Comprehension: Strategies for Effective Acquisition
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ryan Purnomo; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ana Cristanti; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ruri Fadhilah Kurniati; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Evi Mahsunah; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Jeziano Rizkita Boyas; Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Keterlibatan kognitif, Strategi metakognitif, Otonomi pelajar, Pemahaman mendengarkan
 
4. Description Abstract

Pemahaman mendengarkan, yang sering disalahartikan sebagai pasif, adalah proses kompleks dan aktif yang memerlukan keterlibatan kognitif yang signifikan. Penelitian menyoroti peran penting strategi kognitif dan metakognitif dalam meningkatkan pemahaman, dengan studi tentang otonomi pelajar menunjukkan bahwa pelajar yang mahir secara efektif memantau proses pembelajaran mereka dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk umpan balik dan peningkatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran dengan 22 siswa kelas XII TKR yang dipilih secara acak di SMK Subang. Pengumpulan data mencakup penilaian pre-test dan post-test, kuesioner terstruktur, wawancara semi-terstruktur, dan observasi kelas, sementara analisis data menggunakan metode kuantitatif (uji t berpasangan dan statistik deskriptif) dan metode kualitatif (analisis tematik wawancara dan observasi). Diskusi ini mengeksplorasi integrasi strategi kognitif dan metakognitif dalam mendengarkan bahasa kedua, menyarankan agar pendidik dapat memberdayakan siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami bahasa Inggris lisan. Dengan mengintegrasikan strategi seperti pengulangan, ringkasan, dan bertanya pada diri sendiri ke dalam pengajaran bahasa, pendidik dapat memberikan siswa alat untuk menjadi pelajar yang lebih mandiri, meningkatkan keterampilan pemahaman mendengarkan mereka, dan mendorong keterlibatan yang lebih dalam dengan materi pembelajaran, yang pada akhirnya mempromosikan retensi jangka panjang dan penerapan keterampilan bahasa dalam berbagai konteks.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Sebelas Maret
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2024-08-18
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/92134
 
10. Identifier Digital Object Identifier https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92134
 
11. Source Title; vol., no. (year) Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series; Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
 
12. Language English=en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2024 Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.