Indexing metadata

Increasing Mathematics Learning Results For Conversion Materials Of Raw Unit Conversion Through The Media Of Conversion Stairs


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Increasing Mathematics Learning Results For Conversion Materials Of Raw Unit Conversion Through The Media Of Conversion Stairs
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Esti Maemunah
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) media tangga konversi, hasil belajar, matematika
 
4. Description Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep konversi satuan berat baku dengan menggunakan media tangga konversi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pelaksanaan tindakan tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Karangmangu Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, dengan subyek penelitian semua siswa kelas III semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 siswa, yakni 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian membuktikan kondisi awal sebelum mennggunakan Media tangga konversi berat, persentase ketuntasan hanya 36% dengan nilai rata-rata kelas 67,3. Setelah dilakukan intervasi dalam pembelajaran melalui Media Tangga Konversi Berat pada perbaikan pembelajaran siklus I, siklus II dan siklus III dapat mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Indikator Memahami konversi satuan baku dengan tepat. Persentase klasikal pada akhir siklus III adalah 95% dengan nilai rata-rata kelas 85. Kesimpulan dalam PTK ini adalah pengguaan media tangga konversi satuan berat dapat meningkatkan hasil belajar matematika Konsep dasar memahami konversi satuan baku dengan tepat.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Sebelas Maret
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2022-10-08
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/66224
 
10. Identifier Digital Object Identifier https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66224
 
11. Source Title; vol., no. (year) Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series; Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 1)
 
12. Language English=en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2022 Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.