Increasing Mathematics Learning Results For Conversion Materials Of Raw Unit Conversion Through The Media Of Conversion Stairs
Dublin Core | PKP Metadata Items | Metadata for this Document | |
1. | Title | Title of document | Increasing Mathematics Learning Results For Conversion Materials Of Raw Unit Conversion Through The Media Of Conversion Stairs |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Esti Maemunah |
3. | Subject | Discipline(s) | |
3. | Subject | Keyword(s) | media tangga konversi, hasil belajar, matematika |
4. | Description | Abstract | Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep konversi satuan berat baku dengan menggunakan media tangga konversi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pelaksanaan tindakan tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Karangmangu Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, dengan subyek penelitian semua siswa kelas III semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 siswa, yakni 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian membuktikan kondisi awal sebelum mennggunakan Media tangga konversi berat, persentase ketuntasan hanya 36% dengan nilai rata-rata kelas 67,3. Setelah dilakukan intervasi dalam pembelajaran melalui Media Tangga Konversi Berat pada perbaikan pembelajaran siklus I, siklus II dan siklus III dapat mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Indikator Memahami konversi satuan baku dengan tepat. Persentase klasikal pada akhir siklus III adalah 95% dengan nilai rata-rata kelas 85. Kesimpulan dalam PTK ini adalah pengguaan media tangga konversi satuan berat dapat meningkatkan hasil belajar matematika Konsep dasar memahami konversi satuan baku dengan tepat. |
5. | Publisher | Organizing agency, location | Universitas Sebelas Maret |
6. | Contributor | Sponsor(s) | |
7. | Date | (YYYY-MM-DD) | 2022-10-08 |
8. | Type | Status & genre | Peer-reviewed Article |
8. | Type | Type | |
9. | Format | File format | |
10. | Identifier | Uniform Resource Identifier | https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/66224 |
10. | Identifier | Digital Object Identifier | https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66224 |
11. | Source | Title; vol., no. (year) | Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series; Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 1) |
12. | Language | English=en | |
13. | Relation | Supp. Files | |
14. | Coverage | Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) | |
15. | Rights | Copyright and permissions |
Copyright (c) 2022 Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |