MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA KOMPETENSI DASAR TEKNOLOGI TRANSPORTASI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VIII-C SLB NEGERI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Catur Prabandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode paired storytelling media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kompetensi Dasar Teknologi Transportasi siswa kelas VIII-C SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII-C SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 8 siswa terdiri dari 3 laki-laki dan 5 perempuan.  Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan metode pembelajaran paired storytelling dan tes formatif. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Paired Storytelling dengan Kompetensi Dasar Teknologi Transportasi dapat: 1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SLB Negeri Surakarta tahun pelajaran 2012/2013; 2) meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS; dan 3) memberi motivasi sehingga siswa tidak merasa takut apabila diberi tugas tampil di depan kelas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.