|
Dublin Core |
PKP Metadata Items |
Metadata for this Document |
|
1. |
Title |
Title of document |
Hubungan Pemanfaatan Media Audio- Visual dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Kimia Kelas XI IPA MAN 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021 |
|
2. |
Creator |
Author's name, affiliation, country |
Ilma Nuryl Fahma; Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta; Indonesia |
|
2. |
Creator |
Author's name, affiliation, country |
Bakti Mulyani; Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta; Indonesia |
|
2. |
Creator |
Author's name, affiliation, country |
Sri Retno Dwi Ariani; Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta; Indonesia |
|
3. |
Subject |
Discipline(s) |
|
|
3. |
Subject |
Keyword(s) |
pemanfaatan media audio visual; gaya belajar; prestasi belajar kimia |
|
4. |
Description |
Abstract |
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan antara pemanfaatan media audio-visual dengan prestasi belajar kimia, (2) mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar kimia, (3) mengetahui hubungan antara pemanfaatan media audio-visual dan gaya belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilakukan di MAN 2 Kota Kediri pada saat terjadi pandemi Covid-19. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA MAN 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Cluster Random sampling dan diperoleh sampel pada sebanyak 60 siswa dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket untuk variabel pemanfaatan media audio visual dan gaya belajar, serta instrumen soal untuk variabel prestasi belajar kimia. Analisis datanya menggunakan analisis korelasi product moment, korelasi berganda, uji regresi berganda, uji signifikansi koefisien regresi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) hubungan antara pemanfaatan media audio visual dengan prestasi belajar kimia adalah positif dan signifikan dengan sumbangan efektif = 26,28%, 2) hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar kimia adalah positif dan signifikan dengan sumbangan efektif = 21,02%. (3) hubungan antara pemanfaatan media audio visual dan gaya belajar dengan prestasi belajar kimia adalah positif dan signifikan dengan sumbangan efektif total = 47,30%, sehingga sisanya 52,70% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. |
|
5. |
Publisher |
Organizing agency, location |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret |
|
6. |
Contributor |
Sponsor(s) |
|
|
7. |
Date |
(YYYY-MM-DD) |
2022-06-30
|
|
8. |
Type |
Status & genre |
Peer-reviewed Article |
|
8. |
Type |
Type |
|
|
9. |
Format |
File format |
PDF |
|
10. |
Identifier |
Uniform Resource Identifier |
https://jurnal.uns.ac.id/JPKim/article/view/50647 |
|
10. |
Identifier |
Digital Object Identifier |
https://doi.org/10.20961/jpkim.v11i1.50647 |
|
11. |
Source |
Title; vol., no. (year) |
Jurnal Pendidikan Kimia; Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Kimia |
|
12. |
Language |
English=en |
id |
|
13. |
Relation |
Supp. Files |
|
|
14. |
Coverage |
Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) |
|
|
15. |
Rights |
Copyright and permissions |
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Kimia
|