Indexing metadata

Hubungan Pemanfaatan Media Audio- Visual dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Kimia Kelas XI IPA MAN 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Hubungan Pemanfaatan Media Audio- Visual dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Kimia Kelas XI IPA MAN 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ilma Nuryl Fahma; Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Bakti Mulyani; Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Sri Retno Dwi Ariani; Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) pemanfaatan media audio visual; gaya belajar; prestasi belajar kimia
 
4. Description Abstract Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan antara pemanfaatan media audio-visual dengan prestasi belajar kimia, (2) mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar kimia, (3) mengetahui hubungan antara pemanfaatan media audio-visual dan gaya belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilakukan di MAN 2 Kota Kediri pada saat terjadi pandemi Covid-19. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA MAN 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Cluster Random sampling dan diperoleh sampel pada sebanyak 60 siswa dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket untuk variabel pemanfaatan media audio visual dan gaya belajar, serta instrumen soal untuk variabel prestasi belajar kimia. Analisis datanya menggunakan analisis korelasi product moment, korelasi berganda, uji regresi berganda, uji signifikansi koefisien regresi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) hubungan antara pemanfaatan media audio visual dengan prestasi belajar kimia adalah positif dan signifikan dengan sumbangan efektif = 26,28%, 2) hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar kimia adalah positif dan signifikan dengan sumbangan efektif = 21,02%. (3) hubungan antara pemanfaatan media audio visual dan gaya belajar dengan prestasi belajar kimia adalah positif dan signifikan dengan sumbangan efektif total = 47,30%, sehingga sisanya 52,70% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
 
5. Publisher Organizing agency, location Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2022-06-30
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.uns.ac.id/JPKim/article/view/50647
 
10. Identifier Digital Object Identifier https://doi.org/10.20961/jpkim.v11i1.50647
 
11. Source Title; vol., no. (year) Jurnal Pendidikan Kimia; Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Kimia
 
12. Language English=en id
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Kimia