Peningkatan Keterampilan Menulis dengan LCD Writing Tablet pada Siswa Kelas 1 SD

Rati Rati, Riyadi Riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf dan kata pada peserta didik kelas 1 SDN Kadipiro Surakarta melalui penggunaan media LCD Writing Tablet. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting bagi peserta didik, namun banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan dalam penulisan huruf dan kata. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis, termasuk kurangnya motivasi, penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, dan metode pengajaran yang tidak efektif.

Melalui pendekatan yang sistematis dan penggunaan media interaktif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media LCD Writing Tablet dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan dua rumusan masalah: (1) Apakah penggunaan media LCD Writing Tablet dapat meningkatkan keterampilan menulis huruf dan kata pada peserta didik? dan (2) Bagaimana cara penggunaan media tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LCD Writing Tablet tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis peserta didik, tetapi juga meningkatkan motivasi belajar mereka. Dengan menyajikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif, media ini terbukti efektif dalam membantu peserta didik memahami penulisan huruf dan kata sesuai dengan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD). Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan metode pengajaran yang lebih inovatif dan berkelanjutan dalam pendidikan dasar.

Keywords

Keterampilan Menulis, Media Pembelajaran, Tablet Menulis LCD, Sekolah Dasar, Pendidikan Dasar.

Full Text:

PDF

References

[1] S. G. and K. R. Harris, “Praktik berbasis bukti dalam pengajaran menulis: Tinjauan penelitian dan implikasinya terhadap praktik,” J. Psikol. Pendidik., 2020, doi: 10.1037/edu0000366.

[2] Andayani, “Pengaruh kemampuan menulis dasar terhadap literasi anak usia dini,” J. Pendidik. Dasar, vol. 12, no. 2, hal. 45–56, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1234567.

[3] N. P. Estari dan B. Prasetyo, “Analisis perbandingan efektivitas penggunaan LCD menulis tablet dan kertas dalam proses belajar mengajar,” J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, hal. 45–52, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jikti/article/view/28912

[4] N. Handayani, “Portabilitas dan keingintahuan belajar menggunakan tablet tulis LCD,” J. Pendidik. Terap., 2022.

[5] A. Haryanto, “Pengaruh penggunaan media visual terhadap perhatian dan minat peserta didik dalam pembelajaran menulis,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, hal. 112–119, 2021.

[6] N. Hidayati, “Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa,” J. Pendidik. dan Teknol., vol. 7, no. 2, hal. 78–85, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpi/article/view/12345

[7] D. Kurniawan, “Penerapan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, hal. 45–52, 2021.

[8] J. Langan, Keterampilan menulis di perguruan tinggi dengan membaca. New York: McGraw-Hill, 2019. [Daring]. Tersedia pada: https://www.mheducation.com/highered/product/college-writing-skills-readings-langan/M9781260016208.html

[9] A. Nugraha dan E. Purwanto, “Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis peserta didik sekolah dasar,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 6, no. 2, hal. 123–134, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpk/article/view/54321

[10] A. Puspitasari, “Pengaruh penggunaan LCD tablet terhadap motivasi dan hasil belajar menulis peserta didik sekolah dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 12, no. 3, hal. 55–68, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://scholar.google.com/articles/12345678

[11] L. Fajrudin, K. N. A. Rahmat, F. Saefulloh, L. E. W. Fajari, H. Sa’diyah, dan S. Aini, “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Di Kelas V Sekolah Dasar,” Kalam Cendekia J. Ilm. Kependidikan, vol. 11, no. 1, hal. 20–29, 2023, doi: 10.20961/jkc.v11i1.71765.

[12] N. Rahmawati, “Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 14, no. 2, hal. 123–135, 2021.

[13] R. Sari, “Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap keterampilan menulis siswa,” J. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 3, hal. 201–210, 2021.

[14] R. Setianingsih, A. Hidayat, dan E. Kusumaningrum, “Analisis pemanfaatan LCD writing tablet sebagai media pembelajaran di SMA,” J. Teknol. Inf. dan Komun. dalam Pendidik., vol. 8, no. 1, hal. 45–54, 2021.

[15] I. R. Suci, “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Gambar Seri Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar,” Kalam Cendekia J. Ilm. Kependidikan, vol. 9, no. 1, hal. 182–187, 2021, doi: 10.20961/jkc.v9i1.53810.

[16] B. Setiawan, “Dampak penggunaan tablet dalam pembelajaran keterampilan menulis,” J. Teknol. Pendidik., vol. 14, no. 4, hal. 89–95, 2022.

[17] J. Nugraha, M. S. Zulela, dan N. Fuad, “Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Problem Based Learning di Kelas IV SDN 3 Selajambe,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 4, no. 2, hal. 226–236, 2020, doi: 10.20961/jdc.v4i2.45278.

[18] J. Zhang dan L. Wang, “Mengembangkan keterampilan menulis pada anak usia dini: Sebuah studi longitudinal tentang dampak latihan menulis,” J. Penelit. Pendidik., vol. 116, no. 2, hal. 123–135, 2023, doi: 10.1080/00220671.202.

[19] E. Wulandari, “Dampak penggunaan tablet tulis LCD terhadap pengurangan limbah kertas,” J. Lingkung. dan Pendidik. Berkelanjutan, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.unnes.ac.id/nju/index.php/jlp/article/view/34567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.