Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas v dalam memecahkan masalah matematika materi volume bangun ruang

Aulia Azizah, Riyadi Riyadi, Tri Budiharto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika volume materi bangun kelas V SD Negeri Gemolong 4 tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi informan (siswa Kelas V SD Negeri Gemolong 4), tempat dan peristiwa (kelas V SD Negeri Gemolong 4), dokumen (hasil AKM tahun 2021, rekap nilai akhir semester 1 Kelas V tahun 2022/2023 dan daftar ketidakhadiran siswa Kelas V SD Negeri Gemolong 4). Teknik pengambilan informan dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi volume bangun untuk kelas V SD Negeri Gemolong 4 memiliki kemampuan berpikir kritis pada tingkat sedang. Adapun rincian tingkat kemampuan berpikir kritis pada masing-masing aspek adalah sebagai berikut, 1) Aspek Identify mendapatkan kategori tinggi, 2) aspek Determine mendapatkan kategori tinggi, 3) aspek Enumerate mendapatkan kategori medium, 4) aspek Assess mendapatkan kategori medium, dan 5) aspek Scrutinize mendapatkan kategori medium.

Keywords

critical thinking, problem solving, mathematics and elementary school

Full Text:

PDF

References

[1] M. D. Siagian 2016 Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika MES: Journal of Mathematics Education and Science. 2(1) 58-67
[2] I. A. Robbani and T. S. Sumartini 2023 Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME). 2(2) 185–192
[3] E. Aizikovitsh-Udi and D. Cheng 2015 Developing critical thinking skills from dispositions to abilities: mathematics education from early childhood to high school Creat Educ. 6(4) 455-462
[4] A. Buchori and G. D. Puspitasari 2023 Development of mathematics learning media assisted by the MathcityMap to improve students’ critical thinking skills Journal of Higher Education Theory and Practice. 23(10) 187-197
[5] S. W. P. Nugroho, Riyadi, and Triyanto 2020 Analysis of students’ creative thinking skill in solving algebra problem Journal of Physics: Conference Series 1-10
[6] N. Lusiana, J. I. S. Poerwanti, and Matsuri 2021 Hubungan antara motivasi dan disiplin belajar dengan keterampilan berpikir kritis IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya pada anak didik kelas V DDI (Didaktika Dwija Indria). 9(1)
[7] I. Krisdiana, D. Apriandi, and R. K. Setiansyah 2014 Analisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik sekolah menengah pertama dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun) JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 3(1)
[8] N. A. Parahita, M. I. Sriyanto, and Riyadi 2022 Analisis kesulitan pemecahan masalah soal cerita materi pecahan ditinjau dari gender studi kasus peserta didik sekolah dasar JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). 8(3)
[9] L. N. Putri, I. R. W. Atmojo, R. Ardiansyah, and I. Saputri 2021 Analisis instrumen asesmen IPA berdasarkan teori berpikir kritis Facione Jurnal Pendidikan Dasar. 9(2)
[10] L. Hewi and Muh. Shaleh 2020 Refleksi hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini) Jurnal Golden Age. 4(1) 30–41
[11] I. N. Murdiana 2015 Pembelajaran pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1) 1–11
[12] V. D. Rosliani and D. R. Munandar 2022 Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII pada materi pecahan Jurnal Educatio FKIP UNMA. 8(2) 401-409
[13] L. Indriana and I. Maryati 2021 Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga di kampung Sukagalih Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(3) 541–552
[14] Velria Jun, Sri Hariyani, and Tatik Retno Murniasih 2022 Analisis kesalahan peserta didik dalam penyelesaian soal cerita teorema Pythagoras berdasarkan teori Newman Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M). 4(2) 139-152
[15] I. Fatmawati, P. B. Darmono, and R. Y. Purwoko 2020 Analisis kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 5(2) 196-201
[16] K. Amin, K. Kamid, and B. Hariyadi 2021 Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan Newman Error Analysis ditinjau dari gender Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2) 2053-2064
[17] E. Syafitri, D. Armanto, and E. Rahmadani 2021 Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis Journal of Science and Social Research. 4(3) 320–326
[18] D. Ate and Y. K. Lede 2022 Analisis kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal literasi numerasi Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1) 472-483
[19] P. E. R. Dewi and N. W. J. Artiningsih 2020 Meningkatkan mutu belajar sesuai dengan minat anak didik dan pemecahan masalah PINTU: Jurnal Penjamin Mutu. 4(1) 21–27
[20] O. R. Dila and L. S. Zanthy 2020 Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial Teorema: Teori dan Riset Matematika. 5(1) 17-26
[21] M. B. Prasetiyo and B. Rosy 2021 Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 9(1) 109–120
[22] D. Yulia Darsa, M. Nasir, and Rusydi 2019 Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal kalor menggunakan teori Polya di SMA Negeri 3 Banda Aceh Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika & Terapan. 2019(2) 5–11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.