Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) pada Kurikulum Merdeka Materi Membangun Masyarakat yang Beradab

Anisa Ilma Wardhani, Rukayah Rukayah, Sandra Bayu Kurniawan

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek untuk membangun masyarakat yang beradab merupakan salah satu isu yang dihadapi SD Negeri Pagerjurang ketika mengadopsi Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemahaman guru tentang paradigma pembelajaran berbasis proyek, isu-isu yang memberikan tantangan bagi mereka, dan langkah-langkah yang mereka ambil untuk menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru di SD Negeri Pagerjurang. Hasil penelitian menunjukkan: 1) guru memiliki pemahaman yang baik tentang model pembelajaran berbasis proyek, yang digunakan di kelas di mana siswa ditugaskan proyek dengan keterbatasan waktu dan diharapkan dapat berkolaborasi dengan anggota kelompok sebanyak mungkin sesuai dengan rencana pembelajaran. 2) faktor-faktor yang dihadapi guru ketika menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, serta upaya guru untuk mengatasi faktor-faktor tersebut, dirasakan di seluruh sintaksis termasuk merancang tugas proyek; merancang langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas proyek; menyusun jadwal tugas proyek; melaksanakan penugasan proyek dan kegiatan pemantauan; menyiapkan hasil laporan dan kegiatan presentasi; dan mengevaluasi hasilnya.

Keywords

project based learning model, elementary school, teachers, independent curriculum

Full Text:

PDF

References

P. Twining et al., Developing a quality curriculum in a technological era, Educ. Technol. Res. Dev., vol. 69, no. 4, pp. 2285–2308, 2021, doi: 10.1007/s11423-020-09857-3.

S. J. Lee and R. M. Branch, Students Reactions to a Student-Centered Learning Environment in Relation to Their Beliefs about Teaching and Learning, Int. J. Teach. Learn. High. Educ., vol. 33, no. 3, pp. 298–305, 2022, doi: 1812-9129. http://www.isetl.org/ijtlhe/

M. A. . Hasanuddin, S.E,Sy., M.E., Chairunnisa, M.Pd. , Winda Novianti, M.Pd.I, Syamsi Edi, S.Pd., M.Pd., Dr. Atiyah Suharti, M.Pd., Dr. Nur Chayati, Ns., M.Kep. , I Putu Agus Dharma Hita, S.Pd., M.Or., AIFO., Saparuddin, M.Pd., Edi Purwanto, M.Pd.I., Lila Panges, Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar), 17 November. Indonesia: Sada Kurnia Pustaka, 2022. vol 192, doi: 9786230908033, 6230908034

A. Bozkurt, K. Karakaya, M. Turk, Ö. Karakaya, and D. Castellanos-Reyes, The Impact of COVID-19 on Education: A Meta-Narrative Review, TechTrends, vol. 66, no. 5, pp. 883–896, 2022, doi: 10.1007/s11528-022-00759-0.

J. B. Manalu, P. Sitohang, N. Heriwati, and H. Turnip, Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar, Mahesa Cent. Res., vol. 1, no. 1, pp. 80–86, 2022, doi: 10.34007/ppd.v1i1.174.

M. F. F. Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI, הארץ, vol. 2, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022, doi: 8.5.2017293304

T. S. Nugraha, Inovasi Kurikulum, pp. 250–261, 2022, vol. 19 (2) (2022) 251-262, p- ISSN 1829-6750&e-ISSN 2798-1363, doi: 453011032382/pb

F. Sulistyani, R. Mulyono, and R. Mulyono, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka, Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 8, no. 2, pp. 1999–2019, 2022, doi: 10.36989/didaktik.v8i2.506.

Y. Yusriani, M. Arsyad, and K. Arafah, Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar, Pros. Semin. Nas., vol. 2, pp. 138–141, 2020, [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/23573/1/Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berba.pdf, doi: 103.76.50.195/semnasfisika

Y. Yusriani, M. Arsyad, and K. Arafah, Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar, Pros. Semin. Nas. Fis. di SMA Negeri Kota Makassar, vol. 2, pp. 138–141, 2020, [Online]. Available: http://103.76.50.195/semnasfisika/article/view/14378.

P. Guo, N. Saab, L. S. Post, and W. Admiraal, A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures, Int. J. Educ. Res., vol. 102, no. April, p. 101586, 2020, doi: 10.1016/j.ijer.2020.101586.

I. W. Widiana, I. M. Tegeh, and I. W. Artanayasa, The project-based assessment learning model that impacts learning achievement and nationalism attitudes, Cakrawala Pendidik., vol. 40, no. 2, pp. 389–401, 2021, doi: 10.21831/cp.v40i2.38427.

R. N. Phasa, Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kutosari Tahun Ajaran 2021/2022, Sebelas Maret University, 2022.

Rahmad, Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar, J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 1, pp. 67–78, 2016, [Online]. Available: http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna.

Fyfhy and Murtanto, Pengaruh Rasio Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, Dan Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan BUMN, J. Ekon. Trisakti, vol. 2, no. 2, pp. 595–604, 2022, doi: 10.25105/jet.v2i2.14648.

Kasiyan, Kesalahan Implementasi Teknik Triangulasi Pada Uji Validitas Data Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fbs Uny, Imaji, vol. 13, no. 1, pp. 1–12, 2015, doi: 10.21831/imaji.v13i1.4044.

M. Epifania, H. Hero, and M. H. D. Bunga, Analisis Pemahaman Guru dalam Menerapkan Model Project Based Learning (PjBL) di SD Katolik 143 Bhaktyarsa, J. Nagalalang Prim. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.