Analisis penggunaan KIT praktikum IPA sebelum dan sesudah pandemi covid-19 di SDN Demangan 02 Kabupaten Bangkalan

Elsa Agustin Subagiono, Sri Defi , Anisa Lutfi Majida Rahmah, Ahmad Sudi Pratikno, Elsa Agustin Subagiono, Sri Defi, Anisa Lutfi Majida Rahmah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan KIT Praktikum IPA sebelum dan sesudah pandemi covid-19 berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menganalisis penggunaan alat KIT Praktikum IPA di SDN Demangan 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIT praktikum IPA tidak digunakan selama pandemi covid-19. Kegiatan praktikum digantikan dengan praktikum secara virtual dengan memanfaatkan alat dan bahan secara mandiri di rumah. Dampak yang terjadi adalah selama masa pandemi, KIT Praktikum IPA banyak yang tidak digunakan, sehingga beberapa mengalami kerusakan.

Keywords

KIT Praktikum, IPA, covid-19, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Risda, Amini. 2020. Pengenalan Laboratorium IPA SD. Aksara Rentaka Siar. Kediri: Jawa Timur [2] Sao, S., Mei, A., Ningsih, N., Mei, M. F., Wondo, M. T. S., Seto, S. B., Naja, F. Y., Meke, K. D. P., & Manda, G. S. 2021. Bimbingan Belajar di Rumah Menggunakan Alat Peraga Blok Pecahan pada Masa Pandemi Covid 19. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 193-201. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.1031 [3] Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2023. Laboratorium. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Diakses dari: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/laboratorium [4] Emha, H. 2002. Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. [5] Afifah, K., dan Astuti, A.P. 2017. Pengaruh Kondisi Laboratorium Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 11 Semarang (Deskriptif Kualitatif). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang. Diakses dari: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/arti cle/view/3059 [6] Satria, Erwinsyah. Sari, G.S. 2018. Penggunaan Alat Peraga dan KIT IPA Oleh Guru dalam Pembelajaran di Beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Padang Utara dan Nanggalo Kota Padang. Humaniora, 2(2), 1-8. Diakses dari: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/109 [7] Asiah, Dayang N., et al. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Media Kit IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 31 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 3(4), 1-12. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5232 [8] Rosnita. (2016). Keterampilan Guru Dalam Melaksanakan Praktikum Dengan Menggunakan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA SD. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 103-106. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.671 [9] Sapriati, A. et al. (2008). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. [10] Djamarah, S. B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. [11] Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya. [12] Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan. Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada. [13] Lepiyanto, A. 2014. Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Kurikulum. Bioeduasi, 5(2), 156-161. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795 [14] Darwis, R. dan Rustaman, N. Y. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Aktivitas Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1) [15] Rahayu, A. H., dan Anggraeni, P. 2017. Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang, Pesona Dasar, 5(2). Diakses dari: https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/8847 [16] Sulistiyani, A., Rosidin, U., Maulina, M. 2015. Deskripsi Kemampuan Guru IPA Di SMP Negeri Bandar Lampung Dalam Mengelola Laboratorium. Junal Boiterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(4). [17] Mardhatilla, Z. 2021. PhET Simulation Sebagai Penunjang Pembelajaran IPA Secara Online Selama Pandemi Covid-19. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 441-448. Diakses dari: https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/ view/420 [18] Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. 2020. Laboratorium Virtual: Media Praktikum Online Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 45-51. Diakses dari: https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/299 [19] Fitriyah, D. 2021. Pengembangan Video Tutorial Praktikum Kimia Umum Berbasis Kehidupan Sehari-Hari Di Masa Covid-19. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 2(1), 63-69. https://doi.org/10.35961/tanjak.v2i1.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.