Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar tema 4 siswa kelas V SD Se-Gugus IV Ngurah Rai
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] S. Rahmawati, Generasi Hebat Generasi Matematika. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management, 2020.
[2] I. Feida Noorlaila, Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher, 2020.
[3] M. Mashadi, “Peningkatan Perhatian dan Hasil Belajar PKn Materi Budi Pekerti melalui Metode Pembelajaran Talking Stick (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas I Semester 2 SDN Ngiyono Tahun Pelajaran 2015/2016),” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 109–115, 2019, doi: 10.20961/jpi.v5i1.33816.
[4] N. P. J. Saputra, J. I. S. Poerwanti, and Sularmi, “Hubungan Antara Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 36–41, 2021.
[5] W. Hapnita and R. A. G. Y. R. Fahmi, “Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017,” CIVED (Journal Civ. Eng. Vocat. Educ., vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.24036/cived.v5i1.9941.
[6] Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
[7] M. K. Nasution, “Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa,” J. Ilm. Bid. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 9–16, 2017.
[8] N. Septantiningtyas, Pembelajaran Sains. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha, 2021.
[9] F. R. Ardina and C. Sa’dijah, “Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 1, no. 2, pp. 171–180, 2016.
[10] D. Kurniasari and J. I. S. Poerwanti, “Analisis lembar kerja peserta didik tema 1 kelas V ditinjau dari kelayakan isi , kebahasaan , penyajian , dan kegrafikan,” J. Didakt. Dwija Indria, vol. 9, 2021.
[11] S. S. Y. Choo, J. I. Rotgans, E. H. J. Yew, and H. G. Schmidt, “Effect of worksheet scaffolds on student learning in problem-based learning,” Adv. Heal. Sci. Educ., vol. 16, no. 4, pp. 517–528, 2011, doi: 10.1007/s10459-011-9288-1.
[12] A. I. Hanifah, “Pemberian Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” J. Reforma, vol. 2, no. 1, pp. 19–27, 2017, doi: 10.30736/rfma.v6i2.29.
[13] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif vol. 2. Bandung: Alfabeta, 2019.
[14] Y. U. Lawe, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sd,” J. Educ. Technol., vol. 2, no. 1, p. 26, 2019, doi: 10.23887/jet.v2i1.13803.
[15] S. Arikunto, Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[16] Riduwan, Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
[17] R. Wardani, S. Yamtinah, and B. Mulyani, “Instrumen Penilaian Two-Tier Test Aspek Pengetahuan Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (Kps) Pada Pembelajaran Kimia Untuk Siswa Sma/Ma Kelas X,” J. Pendidik. Kim. Univ. Sebel. Maret, vol. 4, no. 4, pp. 156–162, 2015.
[18] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, 2016.
[19] D. C. Ricardika and A. Anisah, “Pemanfaatan Pasar Tradisional sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X,” JEKPEND J. Ekon. dan Pendidik., vol. 4, no. 1, p. 42, 2021, doi: 10.26858/jekpend.v4i1.15111Refbacks
- There are currently no refbacks.