Manajemen kepala sekolah dalam pemberdayaan guru dalam mengelola kelas sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Khikmawati, H. Mulyono, dan B. Suprana, “Motivasi belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar pada pembelajaran STEAM di masa pandemi covid-19,” Surakarta, 2021.
[2] Eliningsih, “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Supervisi Klinis Pengawas Di SDN 15 Perawang,” Jurnal Nuansa Akademik, vol. 6, no. 1, hlm. 25–36, 2021.
[3] D. K. Kurni dan R. Susanto, “PENGARUH KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA KELAS TINGGI,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, hlm. 39–45, 2018.
[4] W. Zulkarnain, Sunarni, dan Burhanuddin, “PENINGKATAN WAWASAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI PENDIDIKAN,” Malang, 2017.
[5] O. S. Seni, “KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH,” Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kateketik, vol. 5, no. 2, hlm. 25, Jul 2021, doi: 10.53949/ar.v5i2.119.
[6] F. Sari dan S. Marmoah, “Analysis of Leadership Behavior Differences from Principles of Elementary School in Serangoon (Singapore) and Salatiga (Indonesia),” Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 9, no. 1, hlm. 37–42, 2022.
[7] I. Kadarsih, S. Marsidin, A. Sabandi, dan E. A. Febriani, “Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 2, no. 2, hlm. 194–201, Jul 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i2.138.
[8] M. Mutiaramses, N. S, dan I. Murni, “PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR,” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 6, no. 1, Jun 2021, doi: 10.23969/jp.v6i1.4050.
[9] H. Amalia, “Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI),” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, vol. 8, no. 2, 2019.
[10] M. Oci, “Manajemen Kelas,” Agu 2018. [Daring]. Available: http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna
[11] I. Norlena, “Sekolah Sebagai Organisasi Formal,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, vol. 5, no. 2, hlm. 1–13, 2015, doi: http://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v5i2.1831.
[12] M. Somantri, “Perencanaan Pendidikan,” 2014.
[13] I. Subekti, “PENGORGANISASIAN DALAM PENDIDIKAN,” Tanjak: Jounal of Education and Teaching, vol. 3, no. 1, 2022, doi: 10.31629/jg.v3i1.422.
[14] M. Sholeh, “Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.26740/jdmp.v1n1.p41-54.
[15] F. H. Watik, S. Wahyuningsih, dan Suharno, “Analisis pelaksanaan manajemen berbasis sekolah bidang peserta didik berdasarkan 3 pilar MBS di sekolah dasar,” Surakarta, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.