Analisis penerapan higher order thinking skills pada pembelajaran IPA kelas V tema 1 sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
T. H. Hutagalung, “Pembelajaran Kompetensi Keahlian RPL Mata Pelajaran Pemrograman Dasar,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Pendidik. Pascasarj. UNIMED, pp. 338–342, 2019, (Online). Available: http://digilib.unimed.ac.id/38764/.
E. Tarihoran, “Guru dalam pengajaran abad 21,” J. Kateketik dan Pastor., vol. 4, no. 1, pp. 46–58, 2019, (Online). Available: blob:http://e-journal.stp-ipi.ac.id/393f7271-9934-4891-ab16-b6f5cf42a9a7.
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013, “Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah,” no. June, 2013, (Online). Available: https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/01-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-54-tahun-2013-ttg-skl.pdf.
Q. Agussuryani, S. Sudarmin, W. Sumarni, E. Cahyono, and E. Ellianawati, “STEM literacy in growing vocational school student HOTS in science learning: A meta-analysis,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 11, no. 1, pp. 51–60, 2022, doi: 10.11591/ijere.v11i1.21647.
R. A. Nugroho, HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2018.
D. Hendriawan and Usmaedi, “Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar Setiabudhi, vol. 2, no. 2, 2019, (Online). Available: https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd.
Yullida Fery Anjani, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Krathwohl pada Peserta Didik Kelas XI Bilingual Class System MAN 2 Kudus pada Pokok Bahasan Program Linier,” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2017.
L. W. Anderson and D. R. Krathwohl, A taxonomy for learning, teaching, and assessing: Arevision of Bloom’s taxonomy of educational objectives, abridged edition. White Plains NY: Longman, 2001.
T. A. Widiastuti, I. R. W. Atmojo, and D. Y. Saputri, “Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas V (Penelitian Kualitatif di SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 Laweyan, Kota …,” Didakt. Dwija Indria, pp. 4–9, 2020, doi: https://doi.org/10.20961/ddi.v9i3.49030.
A. Kristiyono, “Urgensi dan Penerapan Higher Order Thingking Skills,” J. Pendidik. Penabur, vol. 17, no. 31, pp. 36–46, 2018.
G. S. Ajeng and J. I. S. Poerwanti, “Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran kelas V tema 1 menurut kurikulum 2013,” Didakt. Dwija Indria, pp. 1–6, 2021.
E. Miyarso, “Perancangan Pembelajaran Inovatif,” Modul 4, pp. 1–142, 2019.
P. Rintayati, A. Syawaludin, and S. Istiyati, “Enhancing The Ability of Elementary School Teachers in Designing Higher Order Thinking Skills (Hots) Categories of Natural Sciences Through Participatory Training,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 5, no. 2, pp. 202–210, 2020, doi: 10.29407/jpdn.v5i2.13543.
L. W. Anderson and D. R. Krathwohl, Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen : revisi taksonomi pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
N. Aji, C. Chumdari, and K. Karsono, “Analisis soal penilaian harian berdasarkan perspektif hots dalam pembelajaran tematik semester 1 kelas V di sekolah dasar,” J. Didakt. Dwija Indria, vol. 9, no. 4, pp. 1–6, 2021.
Tim Pusat Penilaian Pendidikan, Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.