Pengaruh kegiatan praktikum sederhana dalam peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada peserta didik kelas III sekolah dasar
Abstract
This study aims to determine the effect of simple practicum activities on
improving cognitive aspects of learning outcomes on participant educate class III
SD Negeri Gegeran . This study uses a type of experimental quantitative research
which uses the Nonequivalent Control Group Design. The location of this research
is SD Negeri Gegeran, Arjosari Pacitan District. Data collection techniques using
pre-test and post-test . In this study calculate the validity and reliability of the test
items. The analysis technique in this study uses normality test, linearity test, and
homogeneity test. The hypothesis test used is a simple linear regression test. Based
on the analysis of the data, the conclusions obtained are: (1) the normality test in
the control class is 0.200 and the experimental class is 0.056, so that both are
greater than 0.005 and the data is normally distributed, (2) the linearity test for the
control class is 0.646 and the experimental class 0.444 so that it is greater than
0.05 and is linear (3) the effect of simple practicum activities on improving student
learning outcomes is evidenced by the hypotheses obtained, namely 0.020 < 0.05
and the effect has a value of 78%.
Keywords: Science, Simple Practicum, Learning Outcomes, Cognitive Aspects, Elementary Scholl
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, and T. Citrawati, “Identifikasi Permasalahan Pembelajaran
IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah,” J. Pendidik. Mipa, 10 (1), pp. 23–29, 2020.
[2] W. Herawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Disertai Dengan Diagram Vee
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Ipa Kelas Viii Di Smpn 33 Bandar Lampung,” Univ. Islam Negeri Raden Intan Lampung, pp. 12–26, 2019.
[3] Fitriah and R. Wida, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Sifat-
Sifatnya Melalui Metode Eksperimen,” Primary, 9 (2), pp. 269–284, 2017.
[4] D. Salim Nahdi, D. A. Yonanda, and N. F. Agustin, “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep
Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa,” J. Cakrawala Pendas, 4 (2), p. 9, 2018.
[5] A. Aisyah, S. Sukarno, and M. I. Sriyanto, “Integrasi kecakapan hidup dalam pembelajaran ipa
tema selalu berhemat energi pada peserta didik kelas iv sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, 9 (5), 2021.
[6] S. Wati, E. Enawaty, and I. Lestari, “Pengaruh Metode Praktikum Menggunakan Bahan Sehari-
Hari Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Sman 2 Sungai Kakap Pada Materi Laju Reaksi,” J. Pendidik. dan Pembeajaran Khatulisiwa, 7 (4) , 2018.
[7] P. Pujiastuti and R. Hidayah, “Pengaruh PBL Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil
Belajar Kognitif IPA Pada Siswa SD,” J. Prima Edukasia, 4 (2), pp. 186–197, 2016.
[8] T. Rusmawati, “Peningkatan hasil belajar PKn siswa materi sumpah pemuda dalam bingkai
bhineka tunggal ika melalui aplikasi google classroom pada kelas VIII SMP,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. …, 7 (2) , pp. 58–62, 2021.
[9] Sumarti, “Penerapan Metode Diskusi Kelompok Model Pembelajaran Jigsaw untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPA dalam Materi Gerak Benda Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, 9 (1), pp. 31–35, 2021.
[10] S. W. Ulfa, “Pembelajaran Berbasis Praktikum: Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa
Pada Pembelajaran Biologi,” J. Pendidik. Islam dan Teknol. Pendidik., 6 (1), pp. 65–75, 2016.
[11] U. M. Nisa, “Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa
Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran,” J. Biol. Educ., 14 (1) , pp. 62–68, 2017.
[12] A. Z. Wahyudin, “Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur
Tumbuhan Pada Siswa Kelas V SD Mattirowale Kabupaten Barru,” p. 111, 2017.
[13] Kurniawati, Lilis, Akbar, R. Oktiana, and A. misri Muhamad, “Pengaruh Penerapan Metode
Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 3 Sumber Kabupaten Cirebon,” Eduma Math. Educ. Learn. Teach., 4 (2), pp. 62–74, 2015.
[14] A. C. Dewi, “Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis
Ketrampilan Proses,” Malih Peddas (Majalah Ilm. Pendidik. Dasar), 1 (2), 2012.
[15] D. H. Schunk, Learning Theories An Educational Perspective, Teori-teori Pembelajaran:
Perspektif Pendidikan. Pustaka Pelajar, 2012.
[16] Amanudin, Pengantar Ilmu Pendidikan. Tangerang: Unpam Press, 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.