Studi hubungan antara penguasaan kosakata dan minat menulis dengan keterampilan menulis deskripsi pada peserta didik kelas V sekolah dasar

Dyah Adityaningrum, St Y Slamet, Tri Budiharto

Abstract

This study aims to 1) knowing whether there is a relationship between vocabulary mastery and description writing skills; 2) knowing there is a relationship between writing interest and description writing skills; 3) knowing whether there is a relationship between vocabulary mastery and writing interest together with descriptive writing skills. This research uses survey correlational study method. The population of this study were students of class V SD in Laweyan District, 2020/2021 academic year. Data collection techniques using tests and questionnaires. Based on the data analysis, it can be concluded that 1) there is a significant relationship between vocabulary mastery and the skill of writing descriptions of r count (0.72), the correlation coefficient was tested by t test, the results of tcount (10.36)> t table (1.66); 2) there is a significant relationship between writing interest and writing skills description r count (0.42), the correlation coefficient was tested by t test, the results of t count (4,63)> t table (1.66); 3) there is a significant relationship between vocabulary mastery and interest in writing along with descriptive writing skills ry12 of (0.85), the coefficient of significance with the F test is obtained Fcount = 136,47> Ftable = 3.09

Keywords

Vocabulary Mastery, Writing Interest, Descriptive Writing Skills, Elementary Schoo

Full Text:

PDF

References

K Saddhono and S Y Slamet 2012 Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Bandung:

Cv. Karya Putra Darwati)

Hasrar, A Dalle, and M Usman 2018 Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan

Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa J.Eralingua 2(2) 32-40

Azmussya’ni and M N Wangid 2014 Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan

Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di SDN 3 Sakra J.Prima Edukasia 2(1) 1-13

M Siddik 2018 Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Berseri

Siswa Sekolah Dasar. J.Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 27(1) 39-48

H Muliawati B Nurzaman, and N Oktaviani 2018 Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks

Deskripsi. Indonesian Language Education And Literature 3(2) 157 – 170

F A.D, H B Hastuti, Sukmawati, and Rahmawati 2019 Analisis Hubungan Penguasaan Kosakata

Dan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Smp Di Kota Kendari J.Ranah

(1) 123—142

W L Sokhipah, Subyantoro, and H B Mardikantoro 2015 Keefektifan Model Show Not Telldan

Mind Mappada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi berdasarkan Minat Peserta Didik

Kelas X Smk J.Seloka 4(2) 72-77

N Ramadianti 2019 Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Struktur Teks Dengan

Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Palembang Skripsi

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Universitas Sriwijaya: Palembang)

P Rahayu and W Sukartiningsih 2012 Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi dengan

Menggunakan Media Kartu Kuartet di Kelas IV Sekolah Dasar J.Penelitian Pendidikan

Guru Sekolah Dasar 1(2) 1-10

R Fitri 2015 Kontribusi Minat Baca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca

Pemahaman Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar

J.Gramatika 128-140.

S Mulyati2016 Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Tata Bahasa Terhadap Menulis Bahasa

Inggris J.Wanastra 7(2) 65-77

R Fitri and R Yulisna 2019 Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Membaca

Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Stkip PGRI

Sumatera Barat J. Komposisi 4(1) 25-32

F Arvianto2016 Sumbangan Kecerdasan Emosional Dan Minat Menulis Terhadap Kemampuan

Menulis Argumentasi Pada Mahasiswa Fakultas Hukum,Universitas Sebelas Maret,

Surakarta. J. Metalingua 14(2) 151-165

J Heridiansyah 2012 Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta

Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas Abc J. STIE Semarang 4(2)

-73

Kusmaita 2019 Korelasi antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Karangan

Narasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bengkulu J.Diksa:

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(2) 114-121

E Suryadi and F A Milawasri 2018 Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan

menulis Cerpen Mahasiswa FKIP Universitas Tridinanti Program Studi Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia J. Bindo Sastra 2(20 232-239

Yerni A Hasyim, and Sudirman 2014 Hubungan Minat Menulis, Intensitas Latihan, dan

Ketersediaan Sumber Belajar. J.Teknologi Informasi Komunikasi 2(3) 1-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.