Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan ketrampilan membaca pemahaman siswa kelas III sekolah dasar

Fitri Harumlukluk Ilmaknun

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki penerapan model pemetaan pikiran untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 di SD Negeri Totosari Surakarta pada tahun akademik 2019/2020, berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi dengan analisis data validitas isi dan triangulasi. Data ini diperoleh dari hasil pre-test dan post-test dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping selama proses pembelajaran. Untuk melakukan analisis statistik penelitian, menggunakan pedoman penilaian yang diadopsi dari satu ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran pemetaan pikiran memiliki dampak signifikan pada peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Temuan penelitian ini dapat memberikan referensi bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran mind mapping ke dalam proses pembelajaran sesuai dengan materi yang akan dikembangkandikembangkan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.