Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD

Feryana Nesita Miftahul Janah, Bambang Suteng Sulasmono, Eunice Widyanti Setyaningtyas

Abstract

Abstract. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar matematika melalui model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Video pada siswa kelas 4 di SDN Batu 2 Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak  semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan non tes. Instrumen tes berupa butir soal dalam bentuk pilihan ganda, dan instrumen non tes berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik kuantitatif komparatif yaitu teknik persentase yaitu teknik statistik yang membandingkan hasil belajar tematik dari pra siklus, siklus I dan siklus  II. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 4 di SDN Batu 2 Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak yang diupayakan melalui model  Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Video. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar berdasarkan ketuntasan yakni banyaknya siswa yang tuntas sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (43% dari seluruh siswa). Setelah diberikan tindakan pada siklus I, jumlah siswa  yang tuntas belajar meningkat menjadi 15 siswa (71% dari seluruh siswa), dan pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas menjadi  21 siswa (100%  dari seluruh siswa).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.