Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SD

Meliyana Heni Andra, Henny Dewi Koeswanti, Elvira Hoesein Radia

Abstract

Abstract. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan model discovery learning pada peserta didik kelas  IV SD Negeri Gentan 03 semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yaitu variabel bebas model discovery learning  dan variabel terikatnya hasil belajar matematika peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi, instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis dan pilihan ganda. Teknik analisis data kuantitatif (hasil belajar) dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan  hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri Gentan 03 Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang semester 2 tahun ajaran 2018/2019 setelah diberikan tindakan model  discovery learning. Sebelum tindakan sebanyak 7 peserta didik (30%) yang tuntas. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 14 peserta didik (61%) pada siklus II terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 21 (91%).   .

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.