Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif wordwall terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) matematika peserta didik kelas III sekolah dasar

Yosa Elvita, Fadhilah Khairani, Muhisom Muhisom, Rapani Rapani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Higher Order Thinking Skills pada peserta didik kelas III dalam pembelajaran Matematika. HOTS sangat penting untuk membantu peserta didik berpikir kritis, menganalisis masalah, dan menemukan solusi yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall terhadap peningkatan HOTS peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah populasi sekaligus sampel sebanyak 46 peserta didik.  Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur HOTS sebelum dan sesudah perlakuan serta lembar observasi untuk memantau aktivitas peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel  (34,506 > 4,32) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan HOTS peserta didik dalam pembelajaran Matematika kelas III di SD Negeri 6 Metro Barat Tahun Pelajaran 2024/2025. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat menjadi strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas berpikir kritis peserta didik.

Keywords

higher order thinking Skills (hots), matematika, wordwall

Full Text:

PDF

References

Abdullah, K., Jannah, M., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardilawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, Aceh.

Abraham, I., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). HOTS (High Order Thingking Skill) dalam Paedagogik Kritis. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3), 419–426. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2211 /http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index HOTS

Chasanah, R. N., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Influence Of The Use Of Interactive Learning Media On Students’ Higher Order Thinking Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(1), 26–35. https://doi.org/https://doi.org/10.37891/kpej.v2i1.91

Direktorat Guru Pendidikan Dasar. 2019. Pentingnya Guru Menguasai HOTS. PG Dikdas, Jakarta. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Pentingnya-Guru-Menguasai-HOTS#nav-mobile. Diakses pada 12 November 2024.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group, Yogyakarta.

Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121–130. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.45

Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109. https://doi.org/https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol2.Iss1.598

Maliq, S. A., Aziz, A., & Lestari, W. (2022). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Memecahkan Soal HOTS Matematika. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3421–3427. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3410

Nantara, D. (2021). Menumbuhkan Berpikir Kritis pada Siswa melalui Peran Guru dan Peran Sekolah. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 25–34. https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.222

Nuraeni, E. R., Rustini, T., & Mulyana, A. (2023). Analisis Penggunaan Game Edukasi Wordwall Pada Pelajaran IPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 201–214. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2031

Sani, A. R. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tira Smart, Kota Tangerang.

Septiana, N. N., Prastowo, A., & Frasandy, R. N. (2024). Penggunaan Wordwall Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 8(1), 71–85. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.71-85

Syahputera, A., Misdalina, M., & Septeiyawan, B. Z. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Materi Bangun Datar Kelas III SD. Jurnal EduTech, 10(2), 2442–7063. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20534

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim : Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 491–504. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.