Analisis Faktor Demografi dan Pemujaan Selebriti pada Komunitas Penggemar K-pop
Abstract
Perkembangan budaya K-pop telah mendorong studi yang intensif mengenai pemujaan selebriti dengan faktor-faktor demografi. Namun, hasil penelitian yang beragam mengindikasikan perlunya kajian mendalam untuk menjelaskan fenomena ini secara menyeluruh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemujaan selebriti dengan usia, jenis kelamin, dan pendidikan pada komunitas penggemar K-pop di Kota Surakarta. Pendekatan kuantitatif cross sectional yang dikombinasikan dengan metode simple random sampling digunakan untuk melakukan penelitian ini. Sampel berjumlah 151 penggemar K-pop yang tergabung dalam empat komunitas penggemar K-pop berbeda di Surakarta. Kuesioner data demografi dan skala pemujaan selebriti merupakan alat ukurnya. Metode analisis data yang pertama adalah korelasi product moment pada variabel usia dan celebrity worship yang mendapat hasil nilai korelasi sebesar -0,428 (p < 0,001), metode analisis kedua pada variabel celebrity worship ditinjau dari jenis kelamin menggunakan uji t-test yang mendapat hasil nilai t sebesar -2,073 (p < 0,05), analisis ketiga menggunakan korelasi rank spearman pada variabel tingkat pendidikan dan celebrity worship yang mendapat hasil nilai korelasi sebesar -0,398 (p < 0,001). Berdasarkan hasil analisis menunjukan hubungan yang signifikan pada celebrity worship yang ditinjau dari usia, jenis kelamin dan tingkat pendidikan pada komunitas penggemar K-pop di Kota Surakarta.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, T. N. (2019). Hubungan Celebrity Worship dengan Psychological Well Being pada Remaja Penggemar Korean Pop di All Fandom Kpopers Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Alwisol. (2011). Psikologi Kepribadian. UMM Press.
Anjani, P. W., & Wirawati, N. G. P. (2018). Pengaruh Usia, Pengalaman Kerja, Tingkat Pendidikan, dan Kompleksitas Tugas terhadap Efektivitas Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 22(3), 2430–2457. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v22.i03.p29
Ayu, N. W. R. S., & Astiti, D. P. (2020). Gambaran Celebrity Worship Pada Penggemar K-Pop. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 203. https://doi.org/10.24014/pib.v1i3.9858
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2019). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
Barrang, P., Zubair, A. G. H., & Musawwir. (2023). Celebrity Worship pada Penggemar K-pop Berdasarkan Demografi. Jurnal Psikologi Karakter, 3(1), 100–106. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.2279
Brown, W. J. (2015). Examining Four Processes of Audience Involvement with Media Personae: Transportation, Parasocial Interaction, Identification, and Worship. Communication Theory, 25(3), 259–283. https://doi.org/10.1111/comt.12053
Darfiyanti, D., & Putra, B. A. (2012). Pemujaan terhadap Idola Pop sebagai Dasar Intimate Relationship pada Dewasa Awal:sebuah studi kasus. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 1(2), 53–60.
Erikson, E. H. (1989). Identitas dan siklus hidup manusia. Gramedia.
Gunarsa, S. D. (1981). Psikologi Perkembangan. BPK Gunung Mulia.
Huh, H. R. (2012). Digit Ratio and Celebrity Worship. Personality and Individual Differences, 52(3), 265–268. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.10.025
Krismana, M. G., Rahman, P. R. U., & Dimala, C. P. (2023). Cognitive flexibility as Mediator the Effect of Loneliness on Celebrity worship in Early adult Korean Wave Fans in Indonesia. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 12(4), 538–545. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i4.12342
Luthfi, D. A. S., & Harsono, Y. T. (2022). Pengaruh Harga Diri terhadap Celebrity Worship pada Penggemar K-pop Dewasa awal di Kota Malang. Flourishing Journal, 2(3), 146–151. https://doi.org/10.17977/um070v2i32022p146-151
Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and Coping: A Context for Examining Celebrity Worship and Mental Health. British Journal of Psychology, 95(4), 411–428. https://doi.org/10.1348/0007126042369794
Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme Celebrity Worship, Fantasy Proneness and Dissociation: Developing the Measurement and Understanding of Celebrity Worship within a Clinical Personality Context. Personality and Individual Differences, 40(2), 273–283. https://doi.org/10.1016/j.paid.2005.07.004
Maltby, J., Giles, D. C., Barber, L., & McCutcheon, L. E. (2005). Intense-Personal Celebrity Worship and Body Image: Evidence of a Link Among Female Adolescents. British Journal of Health Psychology, 10(1), 17–32. https://doi.org/10.1348/135910704X15257
Maltby, J., Houran, J., & McCutcheon, L. E. (2003). A Clinical Interpretation of Attitudes and Behaviors Associated with Celebrity Worship. Journal of Nervous and Mental Disease, 191(1), 25–29. https://doi.org/10.1097/00005053-200301000-00005
McCutcheon, L. E., Ashe, D. D., Houran, J., & Maltby, J. (2003). A Cognitive Profile of Individuals Who Tend to Worship Celebrities. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 137(4), 309–322. https://doi.org/10.1080/00223980309600616
McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and Measurement of Celebrity Worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67–87. https://doi.org/10.1348/000712602162454
McCutcheon, L. E., Zsila, Á., & Demetrovics, Z. (2021). Celebrity Worship and Cognitive Skills Revisited: Applying Cattell’s Two-Factor Theory of Intelligence in A Cross-Sectional Study. BMC Psychology, 9(174), 3–11. https://doi.org/10.1186/s40359-021-00679-3
Mehta, R. C., & Patel, R. N. (2013). IBM SPSS Exact Tests. (Cytel Software Corporation and Harvard School of Public Health: Cambridge, Massachusetts.
Muslimah, M. A. (2021). Hubungan Gender dalam Celebrity Worship. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nababan, D., & Sadalia, I. (2013). Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(1), 1–15.
Nanda, S., & Nurwidawati, D. (2024). Gambaran Perilaku Fanatisme Pada Penggemar Kpop di Kota Surabaya. Afeksi: Jurnal Psikologi, 3(3), 64–80.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Otmazgin, N., & Lyan, I. (2014). Hallyu across the Desert: K-pop Fandom in Israel and Palestine. Cross-Currents: East Asian History and Culture Review, 3(1), 32–55. https://doi.org/10.1353/ach.2014.0008
Park, G. (2013). Manufacturing Creativity: Production, Performance, and Dissemination of K-pop. Korea Journal, 53(4), 14–33. https://doi.org/10.25024/kj.2013.53.4.14
Raviv, A., Bar-Tal, D., Raviv, A., & Ben-Horin, A. (1996). Adolescent Idolization of Pop Singers: Causes, Expressions, and Reliance. Journal of Youth and Adolescence, 25(5), 631–650. https://doi.org/10.1007/BF01537358
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Remaja: Adolescence (Y. Kristiaji, Wicsnu C. Sumiharti (ed.); 6th ed.). Erlangga.
Santrock, J. W. (2012). Life-span Development : Perkembangan Masa Hidup (13th ed.). Erlangga.
Sheridan, L., North, A., Maltby, J., & Gillett, R. (2007). Celebrity worship, addiction and criminality. Psychology, Crime and Law, 13(6), 559–571. https://doi.org/10.1080/10683160601160653
Stever, G. S. (2011). Fan Behavior and Lifespan Development Theory: Explaining Para-social and Social Attachment to Celebrities. Journal of Adult Development, 18(1), 1–7. https://doi.org/10.1007/s10804-010-9100-0
Swami, V., Chamorro-Premuzic, T., Mastor, K., Siran, F. H., Said, M. M. M., Jaafar, J., Sinniah, D., & Pillai, S. K. (2011). Celebrity Worship Among University Students in Malaysia: A Methodological Contribution to the Celebrity Attitude Scale. In European Psychologist (Vol. 16, Issue 4, pp. 334–342). https://doi.org/10.1027/1016-9040/a000029
Tartila, P. L. (2013). Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz. Commonline, 2(3), 190–205.
The Korea Foundation. (2022). 2022 Analysis of Global Hallyu Status. In Issuu. South Korea Ministry of Foreign Affairs.
Vania, F. (2023). Gambaran Celebrity Worship Pada Dewasa Awal Penggemar Kpop. Jurnal Psikologi Malahayati, 5(2), 273–280. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33024/jpm.v5i2.8112
Widakdo, D. S. W. P. J., Holik, A., & Iska, L. N. (2021). Efek Usia dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian. Jurnal Penyuluhan, 17(1), 52–59. https://doi.org/10.25015/17202131614
DOI: https://doi.org/10.20961/wacana.v17i1.94799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 WACANA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal WACANA
Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Psikologi
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126
email : wacana@mail.uns.ac.id