Hubungan antara Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Baru

Allegra Tayori, Jocelyn Klementina, Mawar Saron Irma Febriyanti Rumahorbo, Putri Ardhiyyah Muammar Ilyas, Samuel Adiprasetya Isaputra, Giofanny Jessica Kaparang

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan fenomena prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa baru di universitas berbasis nilai keagamaan. Nilai spiritualitas keagamaan yang diajarkan terus-menerus sejak awal mahasiswa memasuki kehidupan perkuliahan ternyata belum optimal mencegah munculnya prokrastinasi akademik mahasiswa. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa baru. General Self-Efficacy Scale dan Academic Procrastination Scale Short Form kemudian digunakan untuk mengukur efikasi diri dan prokrastinasi akademik partisipan dalam penelitian ini yang berjumlah 190 orang mahasiswa baru. Hasilnya menunjukkan korelasi negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik (r = -0.229, p < .001). Penelitian ini juga membantu mahasiswa untuk lebih menyadari pentingnya efikasi diri dalam mengurangi prokrastinasi akademik selama menjalani kehidupan perkuliahan.


Keywords


Efikasi Diri, Mahasiswa Baru, Prokrastinasi Akademik

rticle

References


Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi ed 2. Pustaka Belajar.

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. I: V. S. Ramachandran (red.), Encyclopedia of human behavior (vol. s. ). New York: Academic Press.

Batool, S., Khursheed, S., & Jahangir, H. (2017). Academic procrastination as a product of low self-esteem: A mediational role of academic self-efficacy. Pakistan Journal of Psychological Research, 32(1), 195-211. https://www.researchgate.net/publication/327252993_Academic_Procrastination_as_a_Product_of_Low_Self-Esteem_A_Mediational_Role_of_Academic_Self-Efficay

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (1983). Procrastination: Why you do it what to do about it. Da Capo Press.

Chu, A. H., & Choi, J. N. (2005). Rethinking procrastination: Positive effects of “active” procrastination behavior on attitudes and performance. The Journal of Social Psychology, 14, 245-264.

Engkizar, D., & Anwar, F. (2017). Hubungan self-efficacy dan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74-95.

Faul, F., Erdfelder, E., Buchner, A., & Lang, A. G. (2009). Statistical power analyses using G*Power 3.1: Tests for correlation and regression analyses. Behavior Research Methods, 41(4), 1149-1160.

Haryanti, A., & Santoso, R. (2020). Prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang aktif berorganisasi. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 41-47. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sukma/article/view/3592

Howell, A. J., & Watson, D. C. (2007). Procrastination: Associations with achievement goal orientation and learning strategies. Personality and Individual Differences, 43(1), 167-178. 10.1016/j.paid.2006.11.017

Hu, L. T., & Bentler, P. M. (1999). Cutoff criteria for fit indexes in covariance structure analysis: Conventional criteria versus new alternatives. Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal, 6(1), 1-55. https://doi.org/10.1080/10705519909540118

Gravetter, F. J., Wallnau, L. B., Forzano, L. A. B., & Witnauer, J. E. (2021). Essentials of statistics for the behavioral sciences. Cengage Learning.

Jerusalem, M., & Schwarzer, R. (1995). Generalized self-efficacy scale. Measures in Health Psychology: A User’s Portfolio, Causal and Control Beliefs, 35-37.

Lazarus, R., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer.

Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat stres mahasiswa baru fakultas kedokteran ditinjau dari tingkat penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 4(1), 1-5. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4753

McCloskey, J. D. (2011). Finally, my thesis on academic. The University of Texas at Arlington.

Myers, D. G., & Twenge, J. M. (2021). Social psychology. McGraw Hill Education.

Novrianto, R., Marettih, A., & Wahyudi, H. (2019). Validitas konstruk instrumen general self efficacy Scale versi Indonesia. Jurnal Psikologi UIN, 15(1). http://dx.doi.org/10.24014/ jp.v14i2.6943

Putri, N. F. A., Wiyanti, S., & Priyatama, A. N. (2012). Hubungan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(2), 58-71.

Rasyid, A. F., Wangsya, A. P., & Putri, D. A. (2023). Indonesian adaptation of academic procrastination - Short form (APS-S): Validity and reliability. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 9(1). 10.22146/gamajpp.76717

Rolstad, S., Adler, J., & Ryden, A. (2011). Response burden and questionnaire length: Is shorter better? A review and meta-analysis. Value in Health, 14(8). https://doi.org/10.1016/j.jval.2011.06.003

Santrock, J. W. (2002). Life-span development. McGraw-Hill.

Tice, D. M. (1991). Esteem protection or enhancement? Self-handicapping motives and attributions differ by trait self-esteem. Journal of Personality and Social Psychology, 60, 711-725. https://doi.org/10.1037/0022-3514.60.5.711

Ulfa, A., Winarso, D., & Arribe, E. (2020). Sistem rekomendasi jurusan kuliah bagi calon mahasiswa baru menggunakan algoritma C4.5. Jurnal Fasilkom, 10(1), 61-65. https://doi.org/10.37859/jf.v10i1.1511

Wolters, C. A. (2003). Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective. Journal of Educational Psychology, 95, 179-187. https://doi.org/10.1037/0022-0663.95.1.179

Zahra, Y., & Hernawati, N. (2015). Prokrastinasi akademik menghambat peningkatan prestasi akademik remaja di wilayah pedesaan. Ilmu Keluarga & Konsumen, 8(3). https://doi.org/10.24156/jikk.2015.8.3.163

Zimmerman, B. J., Bandura, A., & Martinez-Pons, M. (1992). Self-motivation for academic attainment: the role of self-efficacy beliefs and personal goal setting. American Educational Research Journal, 29, 633-676. https://doi.org/10.3102/00028312029003663




DOI: https://doi.org/10.20961/wacana.v16i2.83756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 WACANA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal WACANA

Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Psikologi
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762