ANALISIS POLA, FUNGSI, KALIMAT MINOR DALAM IKLAN PRODUK MINUMAN DI INSTAGRAM
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh fenomena munculnya kalimat minor yang terjadi dalam laras iklan di platform sosial media Instagram. Bagaimana bentuk dan fungsi kata yang terdapat dalam kalimat minor. Penggunaan kalimat minor terdapat dalam produk minuman yang diuplod di Instagram. Untuk mengungkap permasalahm tersebut dengan menggunakan pendekatan sintaksis, dengan tetap melihat fenomena yang terjadi dalam kalimat minor iklan produk minuman di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian adalah kalimat minor yang terdapat dalama iklan minuman di Instagram. Terdapat tiga produk minuman yang terkumpul diantaranya sprit_id, dancow, miloindonesia, dan energen_id. Data dikumpulkan Dalam penelitian ini menggunakan metode padan dan metode agih. Kemudian data yang terkumpul akan diparafrasakan dengan teknik ubah ujud. Dari data yang dikumpulkan terdapat tujuh data kalimat minor dalam iklan produk minuman di Instagram. Semua data yang terkumpul menggunakan kalimat minor dalam mempromosikan iklan produknya.
Kata kunci: kalimat minor, iklan, instagram.
Refbacks
- There are currently no refbacks.