PENGGUNAAN KOHESI LEKSIKAL EKUIVALENSI DALAM KUMPULAN CERPEN PEREMPUAN PATAH HATI YANG KEMBALI MENEMUKAN CINTA MELALUI MIMPI KARYA EKA KURNIAWAN

Aulianisa Netasya Salam, Rininta Ratlin Indraswari, Sumarlam Sumarlam

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pola dan bentuk kohesi ekuivalensi leksikal pada kumpulan cerita pendek karya Eka Kurniawan yang berjudul Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi. Fokus penelitian ini ialah pemarkah kohesi leksikal berupa ekuivalensi leksikal. Data penelitian ini berupa kutipan pada cerpen yang di dalamnya terdapat penggunaan ekuivalensi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi karya Eka Kurniawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kumpulan cerpen. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode simak dan teknik catat dengan metode penyajian akhir teknik informal. Metode analisis data menggunakan teknik distribusional dengan teknik dasar bagi unsur langsung. Ekuivalensi leksikal yang diteliti meliputi ekuivalensi yang mengalami proses afiksasi prefiks, kombinasi afiks, dan sufiks. Hasil dari penelitian ini ditemukan proses afiksasi prefiks yang mendominasi dengan kategori kalimat derivasi. Ekuivalensi leksikal yang dikaji dalam penelitian ini mampu mendukung topik dalam membangun sebuah wacana secara utuh, sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Keywords

analisis wacana, cerita pendek, ekuivalensi leksikal

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (1995). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Ashari, A. (2015). Ekuivalensi Leksikal dalam Wacana Novel Perahu Kertas Karya Dewi “Dee” Lestari: Suatu Kajian Wacana. Arkhais, 6(2), 82–88.

Hanafiah, W. (2014). Analisis Kohesi dan Koherensi pada Wacana Buletin Jumat. Epigram, 11(2), 135–152.

Hardiyanti, S. U., & Sumarlam. (2020). Ekuivalensi Leksikal Betema Covid-19 di Indonesia dalam Rubrik Opini Koran Tempo. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIKS) 2020 “Dokumentasi Bahasa Dan Kebijakan Bahasa,” 119–128.

Kurniawan, E. (2015). Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi. Bentang Pustaka.

Litosseliti, L. (2010). Research Methods in Linguistics. New York: Continuum International Publishing Group.

Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. PT Remaja Rosdakarya.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Analisis Bahasa. Gadjah Mada University Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sumarlam. (2019). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Bukukatta.

Utami, H. N., T.H, A. R., & Sumarlam. (2019). Ekuivalensi Leksikal pada Artikel Online The Jakarta Post. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIKS) 2019 “Kajian Linguistik Pada Karya Sastra,” 294–302.

Warnengsih, A., Widiati, W., & Nimashita, H. (2017). Analisis Wacana Artikel pada Majalah Berbahasa Jepang Berdasarkan Aspek Kohesi. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1–12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.