FAKTOR PENYEBAB KEMISKINAN PADA NELAYAN PESISIR PANTAI: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Maya Fujiani

Abstract

Secara umum kemiskinan disebabkan oleh menurunnya produktivitas seseorang atau masyarakat yang berpendidikan rendah dan menjadi salah satu akibat dari pendapatannya yang rendah pula. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kemiskinan pada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan dan tinggal di pesisir pantai. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang dilakukan secara utuh kepada subjek penelitian di mana terdapat sebuah peristiwa dan peneliti menjadi instrumen kunci dalam pernyataan tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemiskinan nelayan di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: (1) kurang nya tekhnologi dalam menangkap ikan dapat memicu awal dari kemiskinan nelayan, (2) kurangnya edukasi dan pengetahuan nelayan dalam mengelola pemasaran dalam hasil laut nya, (3) stategi alternatif yang ditemukan dapat mengentaskan kemiskinan pada nelayan.
Kesimpulan yang di tuju oleh artikel ini ialah meningkatkan derajat nelayan tidak hanya mengenai sarana dan prasana nya saja tetapi juga meningkatkan martabat dan derajat nelayan tersebut.

Keywords

Nelayan kemiskinan pantai maritim

Full Text:

PDF

References

Imron, Masyhuri (ed) 2001, Pemberdayaan Masyarakat Nelayan. , Media Pressindo.

Loekman Soetrisno, 1995, Substansi Permasalahan Kemiskinan dan Kesenjangan, dalam Awan Setya Dewanta, dkk, (ed): Kemiskinan dan Kesenjangan di Indonesia. Yogyakarta, Aditya Media.

Sastrawidjaya, dkk, 2002, Nelayan Nusantara,Pusat Pengolahan Produk Sosial Ekonomi kelautan dan perikanan, Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.