Edukasi dan Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sebagai Upaya Pencegahan Stunting di SDN 1 & 2 Plosorejo

Yulia Sari, Qonita Nailurrahmah, Arifatul Dzakiyyah, Gladera Wedpavica Zealtito Zulfan, Aini Nur Lu'lu'atul Muqoddamah, Diana Khoirun Dini, Gisella Imara Indirasari Bravand, Marsyanda Jalasena Mysea, Noel Bintang Krisyandi, Stephanie Ardhya Gabriela Lubis

Abstract

Pendahuluan: Stunting masih menjadi masalah utama kesehatan masyarakat di Indonesia, termasuk di Kabupaten Wonogiri. Salah satu faktor yang mendorong terjadinya stunting adalah pola hidup tidak sehat. Oleh karena itu diperlukan adanya peningkatan penerapan PHBS sebagai salah satu upaya pencegahan stunting. Pengabdian ini mengajak siswa/i sekolah dasar untuk turut berpartisipasi dalam pencegahan stunting melalui pengenalan PHBS sejak dini. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan menanamkan urgensi penerapan PHBS pada siswa/i sebagai upaya pencegahan stunting di Desa Plosorejo, Kabupaten Wonogiri.

Metode: Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SDN 1 & 2 Plosorejo yang berlokasi di Desa Plosorejo, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri pada tanggal 27-28 Juli 2023. Kegiatan meliputi sosialisasi, edukasi, dan demonstrasi PHBS. Selain itu dilaksanakan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa/i pada 80 responden siswa/i SDN 1 dan 2 Plosorejo. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan uji Uji T pada program SPSS.

Hasil dan pembahasan: Rata-rata pretest siswa/i adalah 59,50, sedangkan rata-rata posttest siswa/i menjadi 85,25. Pada uji T ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilaksanakannya edukasi dan implementasi pada siswa/i SDN 1 & 2 Plosorejo dengan p value 0,000. Hal tersebut berarti adanya sosialisasi dan edukasi yang diberikan berdampak positif terhadap siswa/i di SDN 1 & 2 Plosorejo dengan meningkatnya pemahaman siswa/i terkait urgensi penerapan PHBS.

Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilaksanakannya edukasi dan implementasi pada siswa/i SDN 1 & 2 Plosorejo. Peningkatan tersebut menunjukkan keberhasilan program yang telah terlaksana dengan baik pada 27-28 Juli 2023 di SDN 1 & 2 Plosorejo.

Keywords

Stunting; PHBS; Siswa; SDN 1 Plosorejo; SDN 2 Plosorejo.

Full Text:

PDF

References

  1. Ramayulis R, Kresnawan T IS. Stop Stunting dengan Konseling Gizi. Jakarta: Penebarplus+.; 2018.
  2. BPS. Data Statistik Stunting di Indonesia. 2018.
  3. SSGI. Survey Status Gizi Balita Tahun 2021. 2021.
  4. Sulistianingsih A, Yanti DAM. Kurangnya Asupan Makan Sebagai Penyebab Kejadian Balita Pendek (Stunting). J Dunia Kesehat. 2015;5(1):72–5.
  5. Nurul Utami, Ratna Dewi Puspita Sari, Intanri Kurniati, Risti Graharti AYP. Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Kesehatan Ibu dalam Masa Kehamilan dan Nifas di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. J Kedokt Unila [Internet]. 2019;3(1):10–5. Available from: http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/JK/article/view/2197
  6. Rahman H, Patilaiya H La. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdi dan Pemberdaya Masyarakat). 2018;2(2):251.
  7. Kemenkes RI. Gerakan PHBS Sebagai Langkah Awal Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat [Internet]. 2016. Available from: https://ayosehat.kemkes.go.id/phbs
  8. BPS. Kecamatan Kismantoro dalam Angka tahun 2021. 2021.
  9. Purbo MZ, Sari AP, Anaqoh JS, Arnes CA, Putri NS, Fakhriyah, et al. Pengenalan dan Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan Stunting di PAUD Desa Ngoro. J MANGENTE [Internet]. 2022;2(1):1–10. Available from: https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/PN/article/view/2746/pdf
  10. Rokhmayanti R, Hastuti S kurnia widi, Dwi Astuti F, Martini T. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah Sebagai Salah Satu Wujud Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup (PBLHS). Community Reinf Dev J. 2022;2(1):50–6.
  11. Salim MF, M. Syairaji MS, Santoso DB, Pramono AE, Askar NF. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Samigaluh Kulonprogo. J Pengabdi dan Pengemb Masy. 2022;4(1):19.
  12. Mardiana, Fahrurrozi, Tanjung H, Rossanty RY, Ningrum MC. Health Education on Ctps in Commemoration World H-CTPS. J Peduli Masy. 2020;2(3):135–42.
  13. Solehati T, Susilawati S, Lukman M, Kosasih CE, Keperawatan F, Padjajaran U, et al. Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Skill Guru Serta Personal Hygiene Siswa Sd Effect of the Education on Knowledge and Skill of Teacher and Personal Hygiene Elementary School Students. Kemas. 2015;11(1):135–43.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.