Pendampingan Program Edukasi Literasi Keuangan berbasis Pretend Play bagi Guru dan Orang Tua: Upaya Meningkatkan Gemar Menabung Anak Usia Dini

Fadjri Kirana Anggarani, Pratista Arya Satwika, Rini Setyowati

Abstract

Pendahuluan: Tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia yang masih tergolong rendah membuat peningkatan literasi keuangan perlu dimiliki oleh warga negara. Hal ini juga khususnya pada anak anak, karena perilaku konsumtif ini mulai ditiru oleh anak-anak seiring semakin banyaknya iklan di TV dan media sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan literasi keuangan kepada anak usia dini dengan menggunakan metode pretend play yang sangat sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini agar meningkatkan perilaku gemar menabung.

Metode: Kegiatan ini dilakukan dengan metode pendampingan dan sosialisasi serta grand launching buku dan media literasi keuangan kepada 50 peserta yang terdiri dari guru dan orang tua murid TK.

Hasil dan pembahasan: Acara berjalan dengan lancar dan penuh dengan apresiasi dari para peserta yang hadir. Konteks bermain membuat anak menjadi senang dalam kegiatan belajar yang nantinya akan berdampak pada peningkatan minat belajar anak. Maka, dengan meningkatnya minat belajar anak diharapkan munculnya inisiatif anak tersebut dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan apa yang sedang dipelajari.

Kesimpulan: Guru dan orang tua juga mampu memahami betapa pentingnya literasi keuangan bagi anak usia dini serta mengetahui metode pembelajaran pretend play dalam mengajarkan literasi keuangan kepada anak.

Keywords

Literasi Keuangan; Pretend Play; Gemar Menabung

Full Text:

PDF

References

Mardiah A. Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Menjelang Idul Fitri Di Kota Pekanbaru. J Al-Iqtishad. 2019;13(2):93. 2. Kasih AP. Pakar Unair: Pandemi Covid-19 Membuat Masyarakat Cenderung Lebih Konsumtif. 2020. 3. Laato S, Islam AKMN, Farooq A, Dhir A. Unusual purchasing behavior during the early stages of the COVID-19 pandemic: The stimulus-organism-response approach. J Retail Consum Serv. 2020;57(March):102224. 4. Rahmawati VE, Surjanti J. Analisis Faktor Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Produk Fashion Saat Pandemi Pada Mahasiswa. 2021;4(2):11–8. 5. Rapih S. Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Sch J Pendidik dan Kebud. 2016;6(2):14–28. 6. Wahyuni R, Irfani H, Syahrina IA, Mariana R. Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif berbelanja online pada Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. J Benefita. 2019;4(3):548–59. 7. Fauziah P, Sari RC. The Development of a Financial Literacy Questionnaire for Early Childhood. Int J Innov Creat Chang. 2019;7(7):305–15. 8. OJK. Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Otoritas Jasa Keuangan. 2017. 1–99 p. 9. Fitriyah N. Iklan Televisi dan Perilaku Konsumtif Anak-Anak (Studi Kasus Pada Siswa SDN 13 Serang). J Al-Azhar Indones Seri Pranata Sos. 2013;2(2):110–8. 10. Sari DE. Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan Untuk Warga ‘Aisyiyah Kabupaten Sukoharjo Guna Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Remaja dan Anak-Anak. JIPEMAS J Inov Has Pengabdi Masy. 2019;2(2):88. 11. Haryanti P, Hidayati A, Rodliyah I, Nisful Laili C, Saraswati S. Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. JIPEMAS J Inov Has Pengabdi Masy. 2020;3(2):136. 12. Sabri MF, MacDonald M, Hira TK, Masud J. Childhood consumer experience and the financial literacy of college students in Malaysia. Fam Consum Sci Res J. 2010;38(4):455–67. 13. Novieningtyas A. Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. Manners. 2018;1(2):133–7. 14. Yuwono W. Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;5(2):1419–29. 15. Fitri DP. Membangun Softskill Anak Usia Dini Melalui Pretend Play. ThufuLA J Inov Pendidik Guru Raudhatul Athfal. 2018;6(2):351. 16. Kaufman SB. The Need for Pretend Play in Child Development | Psychology Today. Psychology Today. 2012; 17. Astana AC, Syafrina R, Karnadi K. Pengaruh Pretend Play dan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Anak Usia 5-6 Tahun. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;4(2):597. 18. Amri NA, Intisari I. Pretend Play Sebagai Dasar Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. Pembelajar J Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 2019;3(1):36. 19. Aulina CN. Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Pedagog J Pendidik. 2015;4(1):59.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.