Pembuatan Minuman Herbal Sederhana Dari Jahe Untuk Mendukung Imunitas Melawan Covid-19

Budiyanti Wiboworini, Amalina Shabrina

Abstract

Pendahuluan: Penularan penyakit infeksi termasuk Covid-19 tidak terlepas dari interaksi antara agen penyebab penyakit -host dan lingkungan. Upaya peningkatan daya tahan tubuh host agar dapat bertahan terhadap serangan virus juga merupakan hal yang penting dilakukan, antara lain dengan pemanfaatan bahan alam. Jahe merupakan salah satu bahan alam yang telah terbukti dapat memperkuat imunitas. Pada masa pandemi dibutuhkan banyak agen penggerak yang bisa menularkan pengetahuan yang didapatnya ke lingkungan sekitarnya, dan remaja masjid adalah salah satu kelompok yang memenuhi kriteria tersebut. Kegiatan ini dimaksudkan menyampaikan pada remaja masjid manfaat jahe untuk memperkuat imunitas dan cara mengolahnya menjadi minuman yang segar dan enak dikonsumsi.

Metode: Kegiatan dilakukan melalui tahapan assessment, koordinasi dan pelaksanaan edukasi. Edukasi diikuti 45 remaja masjid dan takmir masjid Asy Syakur, Buran, Tasikmadu Karanganyar dengan metode ceramah dan demonstrasi pembuatan minuman jahe.

Hasil: Peserta antusias mendapatkan pemahaman, terlihat dari sesi diskusi. Peserta menyatakan mendapat pengetahuan baru dalam pemanfaatan bahan alam menjadi jamu untuk meningkatkan imunitas.  Selain itu minuman yang dibuat telah dicoba dan dapat diterima karena rasanya enak dan segar.

Kesimpulan: Jahe dapat dimanfaatkan sebagai minuman herbal sederhana yang mudah dibuat dan dapat diterima masyarakat.

Kata kunci: herbal; jahe; imunitas; remaja masjid

Keywords

Pengabdian; Gizi; Herbal; Imunitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.