Pelatihan Kader Posyandu Dan Posbindu Untuk Meningkatkan Performa Kader Di Wilayah Puskesmas Gondangrejo Kabupaten Karanganyar

Siti Marufah, Endang listyaningsih, selfi Handayani, balgis balgis, slamet Riyadi, Arif Setyoko

Abstract

Pendahuluan: Kader yang merupakan tangan panjang dari Puskesmas memiliki peranan yang penting dalam bidang kesehatan, karena memiliki fungsi strategis dalam menangani masalah kesehatan perseorangan maupun masyarakat. Setiap bulan kader melaksanakan kegiatan layanan pemeriksaan di posyandu lansia dan balita serta posbindu dengan supervisi bidan pembina wilayah serta dibawah tanggungjawab Puskesmas. Puskesmas Gondangrejo terdapat di Kabupaten karanganyar yang memiliki 93 buah posyandu dengan 240 kadernya yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan. Hampir 100% kader merangkap sebagai kader posyandu lansia maupun balita serta posbindu. Oleh karena itu kemampuan dan ketrampilan kader perlu selalu ditingkatkan melalui pelatihan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kader posyandu dan posbindu di wilayah Puskesmas Gondangrejo Karanganyar.

Metode : Pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan kader tentang antropometri kepada kader baik untuk dewasa, lansia dan bayi (materi dan praktik), pelatihan juga diisi motivasi sebagai kader kesehatan melalui kegiatan ice breaking dilanjutkan dengan analisis hasil secara diskriptif, selain itu dilakukan evaluasi keberhasilan program pengabdian. Pengabdian dilaksanakan di Puskesmas Gondangrejo pada bulan februari 2020 dengan subyek kader kesehatan.

Hasil dan Pembahasan : Pengabdian dilaksanakan dengan baik dan  mendapat dukungan penuh oleh kepala puskesmas. Puskesmas mendapatkan manfaat  dengan meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan kader, sehingga meningkatkan performa dari kader. Pengabdian ini juga memberikan sumbangsih besar dalam peningkatan motivasi kader. Antusiasme kader kesehatan terlihat dari disiplinnya kader yang mengikuti program juga keaktifan dalam diskusi. Pemahaman materi mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata nilai postest yang meningkat 27%. Motivasi kader meningkat menjadi 100% dengan peningkatan ketrampilan sebesar 98% dan kader merasakan kebermanfaatan  sebanyak 100% dari pengabdian ini.

Kesimpulan :Pengabdian ini memberikan sumbangsih  bagi peningkatan performa kader posyandu dan posbindu di wilayah puskesmas gondangrejo Karanganyar.

 

Kata kunci:  Pelatihan; Kader; Performa; Puskesmas.

Keywords

Pengabdian

Full Text:

PDF

References

Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI). Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Depkes RI; 2018.

Adioutomo, Sari Martiningsih, Ghazy Mujahid. Indonesia on The Threshold of Population Ageing. UNFPA Indonesia. 2014.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta. BKKBN; 2018.

Badan Pusat Statistik. Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. Jakarta: UNPF; 2013.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian dan. Pengembangan. Kesehatan. Kementerian. RI; 2007.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian dan. Pengembangan. Kesehatan. Kementerian. RI; 2013.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian dan. Pengembangan. Kesehatan. Kementerian. RI; 2018.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI). Buku Panduan Kader Posyandu. Jakarta: Depkes RI; 2011.

Laird, D. Approaches to Training and Development Dugan Laird. New York: Addison-Wesley Publishing Company, Inc. 2003;50.

Oliva, F and Gordon, W. Developing the Curriculum Boston: Pearson 2013;11-14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.