Efektivitas Media Pembelajaran Anatomi Kadaver Dibandingkan Video Terhadap Pemahaman Neuroanatomi pada Mahasiswa Kedokteran

Prasetya Utami, Yunia Hastami, Siti Munawaroh, Nanang Wiyono

Abstract

Pendahuluan : Neuroanatomi merupakan ilmu penting bagi kedokteran, namun masih ditemukan mahasiswa kedokteran yang merasa kesulitan memahami pembelajaran neuroanatomi. Salah satu faktor yang berperan penting adalah media pembelajaran anatomi. Kadaver merupakan media pembelajaran anatomi tradisional yang masih digunakan hingga saat ini dengan berbagai kekurangan dan kelebihan  yang dimilikinya. Sedangkan media video merupakan media pembelajaran anatomi yang diniliai lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga di nilai bisa sebagai media alternatif selain kadaver. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran anatomi menggunakan kadaver dibandingkan video terhadap pemahaman neuroanatomi mahasiswa kedokteran.

Metode : Jenis penelitian ini ialah Quasi Experimental Research dengan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi kedokteran UNS tahun 2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 oranag. Data kemudian diolah dengan uji Paired Sample T-Test dan Independent T-test menggunakan program SPSS 22.

Hasil : Hasil Paired Sample T-Test kelompok kadaver dan video menunjukan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000. Sehingga media kadaver maupun video dinilai efektif terhadap pemahaman neuroanatomi mahasiswa. Hasil uji Independent T-test untuk mengetahui perbedaan antara efektivitas media pembelajaran anatomi menggunakan kadaver dibandingkan video terhadap pemahaman neuroanatomi mahasiswa kedokteran memperlihatkan nilai p = 0,730, sehingga menunjukkan hasil yang tidak signifikan karena p 0,05 pada taraf signifikan 5%.

Kesimpulan : Media pembelajaran anatomi kadaver maupun video terbukti efektif meningkatkan pemahaman neuroanatomi pada mahasiswa kedokteran. Selain itu, media pembelajaran anatomi kadaver dibandingkan video memiliki efektivitas yang sama terhadap pemahaman neuroanatomi pada mahasiswa kedokteran

Kata kunci : Kadaver; Video Anatomi; Pemahaman Neuroanatomi

Full Text:

PDF

References

Munawaroh S (2015). Penggunaan 4C/ID dan active learning dalam pembelajaran anatomi dalam large group. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia 4(1):7-14

Azer SA & Eizenberg N (2007). Do we need dissection in an integrated problembased learning medical course? Perceptions of first- and second-year students. Surgical and Radiologic Anatomy 29(2):173–180. doi:10.1007/s00276-007-0180-x.

Berrios Barillas, R. (2019). The Effect of 3D Human Anatomy Software on Online Students’ Academic Performance. Journal of Occupational Therapy Education, 3 (2). doi.org/10.26681/jote.2019.030202

McLachlan JC & Regan De Bere S (2004). How we teach anatomy without cadavers. The Clinical Teacher 1(2):49-52.

McMenamin PG, Quayle MR, McHenry CR, & Adams JW (2014). The production of anatomical teaching resources using three-dimensional (3D) printing technology. Anatomical Sciences Education, 7(6):479–486. doi:10.1002/ase.1475.

Trelease RB (2002). Anatomical informatics: Millennial perspectives on a newer frontier. The Anatomical Record 269(5):224–235. doi:10.1002/ar.10177.

Pani JR, Chariker JH, Naaz F, Mattingly W, Roberts J, & Sephton SE (2014). Learning with interactive computer graphics in the undergraduateneuroscience classroom. Adv Health Sciences Education 19(4), 507–528. doi:10.1007/s10459-013-9483-3.

Tam MDBS, Hart AR, Williams SM, Holland R, Heylings D, & Leinster S (2010). Evaluation of a computer program (“disect”) to consolidate anatomy knowledge: A randomised-controlled trial. Medical Teacher 32(3):138–142. doi:10.3109/01421590903144110.

Losco CD, Grant WD, Armson A, Meyer AJ, & Walker BF (2017). Effective methods of teaching and learning in anatomy as a basic science: A BEME systematic review: BEME guide no. 44. Medical Teacher 39(3):234–243. doi:10.1080/0142159x.2016.1271944

Peterson, D. C., & Mlynarczyk, G. S. (2016). Analysis of traditional versus three- dimensional augmented curriculum on anatomical learning outcome measures. Anatomical Sciences Education 9(6):529-536. doi.org/10.1002/ase.1612

Yammine, K., & Violato, C. (2015). A meta-analysis of the educational effectiveness of three-dimensional visualization technologies in teaching anatomy. Anatomical Sciences Education 8(6):525-538. doi.org/10.1002/ase.1510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.