Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Modul Bagi Guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Administrasi Perkantoran Kabupaten Kudus

Agung Kuswantoro, Ade Rustiana

Abstract

Permasalahan guru Administrasi Perkantoran yaitu (1) Lemah kompetensi guru Administrasi Perkantoran kabupaten Kudus, dan (2) minim referensi berupa buku Administrasi Perkantoran. Solusi pemecahan masalah ini adalah pemberian pelatihan  melalui kegiatan pengabdian masyarakat. (1) Guru dapat meningkatkan kompetensi Guru Administrasi Perkantoran Kabupaten Kudus melalui menulis modul, (2) Guru mengetahui cara menuliskan modul, (3) Guru  dapa mengevaluasi modul yang telah dibuat. Metode yang digunakan adalah teori dan praktik. Ceramah untuk menyampaikan teori tentang bahan ajar, mulai dari dasar hukum hingga penulisannya. Setiap guru mempraktekkan menuliskan bahan ajar yang sesuai dengan bidang keahliannya. Simpulan dalam pengabdian ini adalah guru dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menulis modul. Sarannya adalah guru dapat menulis bebas (free writing). Dengan cara seperti itu, guru tidak bergantung kepada power point. Tetapi, menjabarkan atas ‘poin-poin’ tersebut melalui tulisan.

Full Text:

PDF

References

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Kuswantoro, A. 2014. Pendidikan Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi Komputer. Jakarta: Salemba Infotek.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Pengembangan Bahan Ajar. 2006. Jakarta. Pelatihan/Sosialisasi Dekdiknas 2006.

Parmin dan Peniati . 2012. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Diakses https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2006 pada tanggal 12 Oktober 2018.

Sularso, M. Partono, dan Kuswantoro,A. 2012. Manajemen Kearsipan. Semarang: Unnes Press.

Syahrir dan Susilawati. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Didownload pada http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/235 tanggal 13 Oktober 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.