Analisis Tata Ruang Kantor di PT. Nagabhuana Aneka Piranti Unit 4 Kabupaten Wonogiri

Andro Dewantara Putra, Djoko Santosa TH, Jumiyanto Widodo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tata ruang kantor PT. Nagabhuana Aneka Piranti Unit 4 dalam prespektif konsep ideal; (2) harapan para karyawan terhadap tata ruang kantor PT. Nagabhuana Aneka Piranti Unit 4; (3) hambatan yang dihadapi dalam penataan tata ruang kantor di PT. Nagabhuana Aneka Pirantu Unit 4; (4) usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan oleh kantor PT. Nagabhuana Aneka Piranti Unit 4. Lokasi penelitian di PT. Nagabhuana Aneka Piranti Unit 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan satu key informant dan tiga informan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis interaktif dengan aktivitas yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian: (1) dalam penerapan tata ruang di kantor PT. Nagabhuana Aneka Piranti Unit 4 masih terdapat beberapa kekurangan seperti, ada ruangan yang tidak terpakai, penerapan asas-asas tata ruang masih kurang sesuai dengan asas penggunaan segenap ruangan, furnitur kantor ada yang tidak nyaman yaitu kursi kerja yang sering membuat pegal, arsip belum dikelola dengan baik,  suara bising mesin-mesin pabrik cukup terdengar dari dalam kantor, komunikasi kantor yang belum didukung dengan fasilitas telepon dalam kantor dan internet dalam kantor belum tersedia; (2) harapan dari karyawan terhadap tata ruang kantor  seperti, kesehatan pegawai yang lebih diperhatikan, komunikasi yang lebih mudah dengan adanya telepon kantor, adanya wifi internet, dan kenyamanan kursi pegawai; (3) Hambatan yang dihadapi di dalam hal tata ruang kantor, seperti kurangnya loker pegawai, tidak adanya telepon kabel, tempat duduk yang kurang nyaman, suara bising dari mesin-mesin pabrik, tempat parkir yang cukup jauh dan arsip yang belum dikelola, (4) Usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan oleh Kantor PT. Nagabhuana Aneka Piranti Unit 4 antara lain seperti, memberikan program Simpati Corporate supaya komunikasi lebih mudah, akan dibuatnya Ruang Arsip, memberi voucher internet kepada pegawai, dan masukan dari para pegawai.

 

Kata Kunci: Tata Ruang Kantor, Konsep Ideal, Kenyamanan Kerja

Full Text:

PDF

References

De Carlo, F. 2013.Layout Design for a Low Capacity Manufacturing Line : A Case Study. http://journals.sagepub.com/doi/full/10.5772/56883. Sage.Journal (Indentified by Scopus)

Dwihapsari, D. R. 2016. Analisis Tata Ruang Kantor (Studi Kasus di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali). Diperoleh pada 3 Januari 2017 dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/55264/Analisis-Tata-Ruang-Kantor-Studi-Kasus-di-Kantor-Dinas-Pendidikan-Pemuda-dan-Olahraga-Kabupaten-Boyolali.

Gie, The Liang. 2012. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Hadgraft, N.T. 2016. Feasibility and acceptability of reducing workplace sitting time: a qualitative study with Australian office worker. http://bmcpublichealth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12889-016-3611-y. Springer. Exemplar. (Identified by Scopus)

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.

Ismawati, E. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa & Sastra. Yogyakarta : Cawanmas.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, J. L. 2007. Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moenir, H. A. S. 2001. Tatalaksana (Manajemen) Perkantoran dan Penerapannya. Jakarta: Pradnya Paramita.

Nuraida, I. 2014. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Kanisius.

Priansa, D.J. & Damayanti, F. 2015. Administrasi & Operasional Perkantoran. Bandung: Alfabeta.

Qudeiri, J.A. 2015. Layout Design Optimization Of Dynamic Environtmen Flexible Manufacturing System. http://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/1687814015584252. Sage. Journal (Indentefied by Scopus)

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Sawiji, Hery. 2002. Manajemen Perkantoran. Surakarta: UNS Press.

Sedamaryanti. 2009. Dasar-dasar pengetahuan tentang Manajemen Perkantoran (Suatu Pengantar). Bandung: CV Mandar Maju

Shafaee, M. 2016. Layout Design Optimization of A Space Propulsion System Using Hybrid Optimization Algorithm. //http://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/0954410016636914. Sage. Journal. (Indentified by Scopus)

Shahzadi, I. Farooqi, Y. A. Impact of Office and Reward System on Employee’s Perfotmance and Motivation. www.ijmse.org/Volume5/Issue8/paper2.pdf.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukoco, Badri M. 2007. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Surabaya: Erlangga.

Sutopo, H. B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Penerbit Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Teerikangas, S. & Irrmann, O. 2016 Cultural Change Following International Acquisitions: Cohabiting the Tension Between Espoused and Practiced Cultures. Diperoleh pada tanggal 22 Januari 2017 dari http://www.springerlink.com/content/fulltext.pdf?id=doi:10.1007/s11575-015-0276-1#search="cultural change following international acquisitions". Springer. Exemplar. (Indentified by Scopus)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.