Pemberian Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar

Risuma Pratama Putra, Patni Ninghardjanti, Subroto Rapih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar kearsipan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Wikarya Karanganyar melalui pemberian reward dan punishment. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 37 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, data dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran reward dan punishment dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar.

 

Kata kunci: reward dan punishment, motivasi belajar, dan prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar.Bandung. Pustaka Setia.

Ahmadi, dkk, 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Anita, E., Woolfolk. 2009. Educational Psychology. Jakarta: Allyn dan Bacon.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hadi, Soetomo. 2003. Pendidikan (suatu pengantar). Surakarta: UNS Press.

Hytti, Stenholm dan Heinonen 2010. Perceived learning outcomes in entrepreneurship education The impact of student motivation and team behaviour. International Journal Of Education + Training.

Diakses dan diperoleh pada 7 Februari 2018 dari http://www.emeraldinsight.com/action/doSearch?AllField=Perceived+learning+outcomes+in+entrepreneurship+education+The+impact+of+student+motivation+and+team+behaviour&content=articlesChapters

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Press

Jihad, A & Haris, A. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Listiani. 2012. Hadiah (reward) dan Hukuman (punishment) dalam pendidikan. Diakses dan diperoleh pada tanggal 5 Februari 2018 dari http:/makalah-listiani.blogspot.com/2012/01/hadiah-reward-dan-hukuman punishment.html

Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.

Rozali. Muhammad. 2012. “Hukuman Dalam Dunia Pendidikan” haruskah ada hukuman dalam mendidik anak. Diperoleh tanggal 6 Februari 2018 http://muhammad-rozali.blogspot.com/2012/01/hukuman-dalam-dunia-pendidikan-haruskah.html.

Saefullah. 2012. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatf,

Pendekatan Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tim Skripsi. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS Surakarta.

Tung, Y, K. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarata: PT Indeks

Uno. Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Yuan, X., Ling Che. 2012. How to Deal with Student Misbehaviour in the Classroom?. Journal of Educational and Developmental Psychology, Vol. 2, No. 1; May 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.