Evaluasi Proses Pembelajaran Magister Pendidikan Ekonomi dengan Model Kirkpatrick

Suratno Suratno, Mohamad Muspawi, Santo Kristiyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi proses pembelajaran untuk merumuskan strategi peningkatan kualitasnya dengan pendekatan Kirkpatrick. Model evaluasi yang digunakan adalah model Kirkpatrick empat level, yaitu evaluasi level 1 (input), evaluasi level 2 (proses), evaluasi level 3 (produk), dan evaluasi level 4 (outcome). Penelitian ini memfokuskan pada evaluasi level satu sampai dengan evaluasi level tiga. Sementara evaluasi level empat (outcome) belum dilakukan pada penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan responden sebanyak 38 orang mahasiswa pada Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi model Kirkpatrick dengan pendekatan deskriptif kuantitatif tentang proses belajar mengajar. Metode pengolahan data adalah statistik deskriptif. Instrumen pengumpulan data adalah angket. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) evaluasi level 1 mendapat perolehan persentase terbesar pada kategori “baik” yakni sebesar 45,76%; 2) evaluasi level 2 mendapat perolehan persentase terbesar pada kategori “sangat baik” yakni sebesar 44,56%; 3) evaluasi level 3 mendapat perolehan persentase terbesar pada kategori “sangat baik” yakni sebesar 57,69%. Secara keseluruhan evaluasi proses pembelajaran di Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi dapat disimpulkan telah berjalan dengan sangat baik. Namun, berdasarkan data yang diperoleh dapat dipahami bahwasanya pada tiap komponen level evaluasi masih terlihat persentase yang tergolong besar pada kategori “kurang baik” dan “cukup baik”. Ini dapat dipahami bahwa masih ada komponen pada tiap level yang perlu untuk ditingkatkan.

 

Kata Kunci: Pendidikan Ekonomi, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Badu, Syamsu Qamar, 2012. Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 16 (2012) Hal 102-129.

Buckley, J., Schneider, M., and Shang. Y. 2004. Effects of school facility. Quality on teacher retention in urban school district. National clearing house for educational facilities. Washington Dc.

Crosby, P.B, (1986), Quality is Free, The Art Of making Quality Certain, New York, -McGraw-Hill Book Co.

Deming W.Edwards. 1986. Out Of The Crisis, Cambridge University Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekundayo, Haastrup Timilehin. 2012. School Facilities as Correlates of Students’ Achievement in the Affective and Psychomotor Domains of Learning. European Scientific Journal March edition vol. 8, No.6 ISSN: 1857 – 7881 (Print) e - ISSN 1857- 7431.

Farjad, Shahrooz. 2012. The Evaluation Effectiveness of Training Courses in University by Kirkpatrick Model (Case Study: Islamshahr University). Procedia - Social and Behavioral Sciences 46 (2012) 2837 - 2841. Diakses pada laman www.sciencedirect.com.

Hamalik, Oemar. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. kbbi.kemdikbud.go.id.

Kirkpatrick, Donald & James Kirkpatrick. 2006. Evaluating Training Programs: The Four Levels. Berret-Koehler Publishers.

Kirkpatrick, Donald. L. 1998. Evaluating Training Programs: The Four Levels. San

Fransisco: Berret-Koehler Publisher Inc.

Lawrence, B. 2003. Save a Penny Lose a School: the real cost of deferred maintenance. Washington DC.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Phillips, J. 1991. Handbook of evaluation methods and training measurements (second edition). Houston: Gulf Publishing Company.

Ramadhon, Syafril. Tanpa Tahun. Penerapan Model Empat Level Kirkpatrick Dalam Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur Di Pusdiklat Migas. Forum Diklat Vol. 6 No. 1 halaman 43 – 54.

Smidt, Andy., Balandin, Susan., Sigafoos, Jeff., & Vicki A. Reed. Journal of Intellectual & Developmental Disability, September 2009; 34 (3): 266–274.

Suratno. 2017. Evaluasi Soft Skill Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi. Jambi: LP2M Unja.

United Nation Children’s Fund (UNICEF). 2000. Defining Quality in Education. A Paper Presented at the Meeting of the International Working Group on Education Florence, Italy.

Utomo, Anggoro Prasetyo dan Tehupeiory, Karinka Priskila. 2014. Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kirkpatrick Analysis. Jurnal Telematika Vol. 9 No. 2 ISSN 1858-2516. Halaman: 37-41.

Watson, P. 2002. The role and integration of learning outcomes into the educational process. Active Learning in Higher Education 3 (3), 205-219.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.