Analisis Relevansi Lulusan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Dengan Dunia Kerja

Achmad Budi Santoso, Patni Ninghardjanti, Subroto Rapih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana relevansi lulusan kompetensi keahlian administrasi perkantoran dengan dunia kerja. (2) Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi relevansi lulusan kompetensi keahlian administrasi perkantoran dengan dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, wawancara dan analisis dokumen. Terdapat ada 2 teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu proportionate stratified random sampling untuk pengumpulan data melalui angket untuk sumber Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah (1) daya serap lulusan terhadap pasar kerja tergolong tinggi, yakni sebanyak 90,9% telah terserap pasar kerja. (2) lulusan yang memiliki pekerjaan yang dinilai relevan dengan kompetensinya tergolong sangat rendah yakni sebanyak 32,6%. (3) Masa tunggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan dinilai relatif singkat, rata-rata lulusan memperoleh pekerjaan pertamanya dalam jangka waktu 3,77 bulan.

 

Kata Kunci: Relevansi, Administrasi Perkantoran, Dunia Kerja

Full Text:

PDF

References

Bukit, Masriam. 2014. Strategi dan inovasi pendidikan kejuruan: dari kompetensi kekompetisi. Bandung: Alfabeta.

Berita Resmi Statistik No.47/05/Th.XX, 05 Mei 2017. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2017. Badan Pusat Statistik

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Effendi, S.&Tukiran. (ED.). 2012. Metode Penelitian Survey.Jakarta: LP3ES

Fitria, Dera. 2014. Studi Relevansi antara Program Studi Ketenagalistrikan dengan Dunia Kerja.Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 4, Nomor 1, Desember 2014. Universitas Pendidikan Indonesia

Hadi, Ath Soedomo. 2003. Pendidikan : (suatu pengantar). Surakarta :Sebelas Maret University Press

Hamalik, Oemar. 1990. Pendidikan Tenaga Kerja Nasional: Kejuruan, Kewiraswastaan, dan Manajemen. Bandung: Citra Aditya Bakti

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Mustafa, Z. EQ. 2009. Mengurai Variable Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nyoman, D. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi

Nasir, Moh. 2015. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Osei, CK. 2015. Curriculum Relevance And Graduate Career: A Tracer Study Of Cemba, Cempa And Industrial Mathematics Graduates. Journal of Science and Technology, Vol. 35, No. 2, 2015.Kwame Nkrumah University of Science and Technology

Rina Amalia, Baiq. 2012. Relevansi Program Studi Keahlian Teknik Bangunan dengan Pekerjaan Lulusan. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Voume 35, Nomor 1, Februari 2012.Universitas Negeri Malang

Rustini. 2006. Implementasi on the job training sebagai kesiapan siswa dalam menghadapi dunia kerja di SMK Negeri 6 Surakarta program keahlian akuntansi tahun ajaran 2005/2006. Skripsi. Universitas Sebelas Maret

Schippers & Patriana. 1994 Pendidikan Kejuruan di Indonesia. Bandung: Angkasa

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta

Suroto. 1992. Strategi Pembangunan dan Perencanaan Kesempatan Kerja. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Swasono, Yudo. 1987. Metode Perencanaan Tenaga Kerja: Tingkat Nasional, Regional, dan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.