Penyelenggaraan Kearsipan Fakultas Ekonomi UNNES (Ditinjau Dari Kebijakan Kearsipan, Pembinaan Kearsipan, Dan Sumber Daya Kearsipan)

Agung Kuswantoro, Hengky Pramusinto, Wahyu Nursiswo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kebijakan penyelenggaran kearsipan, (2) pembinaan kearsipan, dan (3) sumber daya kearsipan di Fakultas Ekonomi Universita Negeri Semrang (UNNES) Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek  penelitan  ini adalah arsiparis atau penata dokumen, tata usaha, dan wakil dekan bidang administrasi umum. Kebijakan kearsipan di FE UNNES sudah ada yaitu SK Dekan FE UNNES Nomor 84/TU/2015 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan FE UNNES dan SK Dekan FE UNNES Nomor 83/TU/2015 tentang Pedoman Pola Klasifikasi Kearsipan di Lingkungan FE UNNES. Pembinaan kearsipan FE UNNES dilakukan dengan pelatihan dan bimbingan teknis yang dilakukan oleh fakultas, universitas, dan lembaga diklat. Sarana dan prasarana kearsipan FE UNNES berupa record center atau depo arsip yang menyimpan arsip-arsip fakultas. Fasilitas record center meliputi mobile file, box arsip, map, dan odner. Anggaran kearsipan dilakukan dengan mengajukan proposal kegiatan berupa pelatihan dan workshop kearsipan yang ditujukan kepada Wakil Dekan bidang Administrasi Umum. Sarannya adalah (1) Penata arsip lebih intensif dalam melakukan pekerjaan kearsipan di record center. (2) Perlu ada standar jam kerja bagi penata arsip di record center, (3) Pimpinan perlu mengevaluasi secara periodik kearsipan, mulai dari arsip yang disimpan oleh subunit dan jurusan, sehingga keberlangsungan (keberadaan) arsip dapat dikontrol.

 

Kata Kunci : Penyelenggaraan Kearsipan; Fakultas Ekonomi UNNES

Full Text:

PDF

References

ANRI. 2015. Modul Pengantar Kearsipan. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan ANRI.

Mary Robek. 1987. Information and Records Management. USA: Mission Hills, Calif. Glencoe Publishing Company.

Moleong. 2010. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Penerbit Rosda Karya.

Muhammad Masruri. 2007. Faktor¬-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif pada Sub Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Rembang. Diunduh pada laman http://stiepena.ac.id/wp-content/uploads/2012/11/pena-fokus-vol-2-no-1-85-95.pdfRico

Penn, Ira A., et.al.,. 1992. Records Management Handbook, England: Ashgate Publishing Limeted.

Rico R. dan Syahyuman. 2012. Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif di Kantor Cabang Perum Penggadaian Marapalam Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Volume 1.

Soegiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.

Terry D. Lundgren dan Carol A. Lundgren. 1989. Records Management In The Computer Age.USA: Boston, Mass. : PWS-KENT Pub. Co., c1989.Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Yohanes. 2012. Manajemen Kearsipan. Blog yohaness.blogspot.com diunduh tanggal 1 Maret 2017.

Peraturan Rektor UNNES Nomor 22 tahun 2013 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan UNNES

Peraturan Rektor UNNES Nomor 23 Tahun 2013 Tentang Pedoman JRA Substantif dan Fasilitatif di Lingkungan UNNES

Peraturan Rektor Peraturan Rektor UNNES Nomor 24 Tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Arsip Dinamis Universitas Negeri Semarang

Surat Keputusan Dekan FE UNNES Nomor 84/TU/2015 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan FE UNNES

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.