Kreativitas Guru: Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Software Videoscribe
Abstract
Tantangan revolusi industri 4.0 harus direspon secara tepat dan cepat oleh bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, hukum tidak terkecuali bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak yang besar pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Pendidikan erat kaitannya dengan proses pembelajaran yang sangat mengutamakan peran guru di dalamnya. Guru yang diharapkan pada era revolusi 4.0 adalah guru yang dapat memanfaatkan teknologi sebagai inovasi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kreativitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran. Namun, pada kenyataanya terdapat permasalahan yang
dialami oleh guru dalam penggunaan teknologi antara lain penggunaan media pembelajaran masih minim dan monoton, penguasaan teknologi dalam pemanfaatan media masih kurang. Oleh karena itu perlu diberikan suatu pemahaman tentang kreativitas sebagai landasan dalam menciptakan sebuah
inovasi baru dalam dunia pendidikan. Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran sangat erat kaitannya dengan media yang digunakan guru dalam mengajar. Media Pembelajaran berbasis Software Videoscribe merupakan salah satu cara yang dapat digunakan guru dalam mengSoftwarekan kreatifitas
yang dimiliki, Software ini memberikan ruang bagi guru dalam berkreasi menyusun materi pembelajaran di sekolah. Videoscribe memiliki keunggulan dibanding dengan media pembelajaran lainnya, yaitu dengan ditampilkannya sebuah video yang terdiri dari teks maupun gambar disertai dengan suara (audio) yang bergerak maka peserta didik akan lebih termotivasi dalam memperhatikan materi yang diajarkan oleh guru.
Full Text:
PDFReferences
Aliyu, M.B. 2012. Integrating e-Learning
in Technical and Vocational Education: A
Technical Review. International Journal
of Academic Research in Business and
Social Sciences, Vol. 2, No. 5.
A.H. Sanaky, Hujair. 2009. Media
Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania
Press.
Al-Uqshari, Yusuf. 2007. AsySyakhshiah
al-Mubdi’ah: Khaifa
Tushbihu Mubdi’ah fi Tafkirika.
Semarang: Pustaka Nuun.
Anitah, Sri. 2011. Media Pembelajaran.
Surakarta: UNS Press.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pengajaran.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran:
Peranannya Sangat Penting dalam
Mencapai Tujuan Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media.
Ilham, Ainun. 2014. Tujuan
Pembelajaran. Surabaya: Blogspot
Marno. 2009. Strategi dan Metode
Pengajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz.
Nur, Subhan. 2002. Membangun Pribadi
Kreatif. Bandung: Rineka Cipta.
ISBN 978-602-73280-1-3 65 www.snpap.fkip.uns.ac.id
Nursisto. 2015. Menggugah Kreativitas
Guru. Yogyakarta: CV. Gema Godam
Grafika
Sadiman, Arif S, dkk. 2003. Media
Pendidikan: Pengertian, Pengembangan,
dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV.
Rajawali.
Smaldino, Sharon E. 2014. Instructional
Technology & Media For Learning
Teknologi Pembelajara dan Media untuk
Belajar. Jakarta: Kencana.
Usman, Basyirudin. 2002. Media
Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Chun, Yi-Min. 2013. Newsletter: Office
of Integrated Medical Education (5th ed).
University of Toronto: Faculty of
Medicine.
Abdullah, Ramli. 2016. Pembelajaran
dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam
Pemanfaatan Media Pembelajaran.
Lantanida Journal, Vol 4 No. 1 Tahun
35-49
Supartini, Mimik. 2016. Pengaruh
Penggunaan Media Pembelajaran dan
Kreativitas Guru Terhadap Prestasi
Belajar Peserta didik Kelas Tinggi di
SDN Mangunharjo 3 Kecamatan
Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal
Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol
No. 2 Tahun 2016. 277-293
Radian, Bagus Dwi. 2014. Kerucut
Pengalaman (Cone of Experience) Edgar
Dale. Diakses pada 11 Oktober 2018
pukul 12.47, dari alamat https://
bagusdwiradyan.wordpress.com.
Refbacks
- There are currently no refbacks.