Kreativitas Guru: Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Software Videoscribe

Dilla Octavianingrum

Abstract

Tantangan revolusi industri 4.0 harus direspon secara tepat dan cepat oleh bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, hukum tidak terkecuali bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak yang besar pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Pendidikan erat kaitannya dengan proses pembelajaran yang sangat mengutamakan peran guru di dalamnya. Guru yang diharapkan pada era revolusi 4.0 adalah guru yang dapat memanfaatkan teknologi sebagai inovasi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kreativitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran. Namun, pada kenyataanya terdapat permasalahan yang
dialami oleh guru dalam penggunaan teknologi antara lain penggunaan media pembelajaran masih minim dan monoton, penguasaan teknologi dalam pemanfaatan media masih kurang. Oleh karena itu perlu diberikan suatu pemahaman tentang kreativitas sebagai landasan dalam menciptakan sebuah
inovasi baru dalam dunia pendidikan. Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran sangat erat kaitannya dengan media yang digunakan guru dalam mengajar. Media Pembelajaran berbasis Software Videoscribe merupakan salah satu cara yang dapat digunakan guru dalam mengSoftwarekan kreatifitas
yang dimiliki, Software ini memberikan ruang bagi guru dalam berkreasi menyusun materi pembelajaran di sekolah. Videoscribe memiliki keunggulan dibanding dengan media pembelajaran lainnya, yaitu dengan ditampilkannya sebuah video yang terdiri dari teks maupun gambar disertai dengan suara (audio) yang bergerak maka peserta didik akan lebih termotivasi dalam memperhatikan materi yang diajarkan oleh guru.

Full Text:

PDF

References

Aliyu, M.B. 2012. Integrating e-Learning

in Technical and Vocational Education: A

Technical Review. International Journal

of Academic Research in Business and

Social Sciences, Vol. 2, No. 5.

A.H. Sanaky, Hujair. 2009. Media

Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania

Press.

Al-Uqshari, Yusuf. 2007. AsySyakhshiah

al-Mubdi’ah: Khaifa

Tushbihu Mubdi’ah fi Tafkirika.

Semarang: Pustaka Nuun.

Anitah, Sri. 2011. Media Pembelajaran.

Surakarta: UNS Press.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pengajaran.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran:

Peranannya Sangat Penting dalam

Mencapai Tujuan Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media.

Ilham, Ainun. 2014. Tujuan

Pembelajaran. Surabaya: Blogspot

Marno. 2009. Strategi dan Metode

Pengajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz.

Nur, Subhan. 2002. Membangun Pribadi

Kreatif. Bandung: Rineka Cipta.

ISBN 978-602-73280-1-3 65 www.snpap.fkip.uns.ac.id

Nursisto. 2015. Menggugah Kreativitas

Guru. Yogyakarta: CV. Gema Godam

Grafika

Sadiman, Arif S, dkk. 2003. Media

Pendidikan: Pengertian, Pengembangan,

dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV.

Rajawali.

Smaldino, Sharon E. 2014. Instructional

Technology & Media For Learning

Teknologi Pembelajara dan Media untuk

Belajar. Jakarta: Kencana.

Usman, Basyirudin. 2002. Media

Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Chun, Yi-Min. 2013. Newsletter: Office

of Integrated Medical Education (5th ed).

University of Toronto: Faculty of

Medicine.

Abdullah, Ramli. 2016. Pembelajaran

dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam

Pemanfaatan Media Pembelajaran.

Lantanida Journal, Vol 4 No. 1 Tahun

35-49

Supartini, Mimik. 2016. Pengaruh

Penggunaan Media Pembelajaran dan

Kreativitas Guru Terhadap Prestasi

Belajar Peserta didik Kelas Tinggi di

SDN Mangunharjo 3 Kecamatan

Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal

Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol

No. 2 Tahun 2016. 277-293

Radian, Bagus Dwi. 2014. Kerucut

Pengalaman (Cone of Experience) Edgar

Dale. Diakses pada 11 Oktober 2018

pukul 12.47, dari alamat https://

bagusdwiradyan.wordpress.com.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.