Perencanaan Sumber Daya Manusia Yang Efektif Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

Luluk Fauziah, Johan Bhimo Sukoco, Maesaroh Maesaroh

Abstract

Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) perlu dilakukan untuk menentukan perlu tidaknya penambahan atau pengurangan pegawai di sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan SDM yang efektif di lingkungan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. Penelitian ini didesain untuk menganalisis terpenuhinya kebutuhan pegawai bagi organisasi secara tepat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rekruitmen dan seleksi pegawai sudah dilaksanakan dengan cukup baik sesuai alokasi dan jumlah yang dibutuhkan. Namun demikian, perencanaan SDM yang efektif dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. SDM yang tersedia masih terbatas, sehingga kontribusi pada organisasi dirasa belum maksimal. Keterbatasan kuantitas pegawai mengakibatkan pelayanan kurang maksimal di bidang kerjanya. Selain itu, lokasi kerja pegawai yang tidak berada dalam satu unit lingkungan kerja menyebabkan lemahnya koordinasi, terutama terkait pelayanan administratif. Meskipun demikian, pegawai tetap menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana sudah diatur dalam ketentuan yang berlaku.

 

Kata Kunci : Perencanaan, Sumber Daya Manusia, Efektif, Kinerja

Full Text:

PDF

References

Handoko. T., Hani. 2002. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi ke 2 Yogjakarta : BPFE.

Hasibuan, Malayu. S. P. 2001. Manajemen Sumber Daya, Cetakan keempat. Jakarta : Bumi Aksara.

Hendro, Harijogi Poedjono. 2006. Direktorat Human resources & Corporate Affairs. Berita Bendera, Vol. 3 November-Desember 2006, pp. 20-21.

Jackson, S.E. dan Schuler, R.S. 1990. Human Resource Planning: Challennes for Industrial/Organizational Psychologist, American Psychologist, 45:223-239.

Manzini, A.O. 1996. Integrating Human Resource Planning and Development : The Unification of Strategic, Operational and Human Resource Planning System. Human Resource Planning, 11 (2):79-94.

Moddy, R.W, & Noe III, RM. 1995. Human Resource Management.

Nawawi, Hadari. 2005. Perencanaan SDM untuk Organisasi Profit yang Kompetitif, Edisi Ketiga. Yogyakarta : Penerbit Gajah Mada University Press.

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Rothwell, S. 1995. Human Resource Planning. In J. Storey (ED). Human Resource Management: A Critical Text . London

Schuler, R.S dan Walker, J.W, 1990. Human Resource Strategy: Focusing on Issue and Action. Organizational Dynamic, Summer: 5-19.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Alfabeta : Bandung.

Sutopo, HB. 2002. Metode Penelitian Kualitatif – Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Yoder, Dale. 1981. Personnel Management And Industrial Relation. New Delhi : Prentice-Hall of India Private Limited.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.