Penerapan Model Problem Based Learning dan Assessment Terhadap Kompetensi Siswa di SMK
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah adalah strategi pembelajaran yang saat ini sedang dilaksanakan di semua jenjang pendidikan dari perguruan tinggi hingga ke sekolah dasar. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui dan memberikan gambaran mengenai inovasi dalam proses pembelajaran, yaitu penggunaan kombinasi model problem based learning dan assessment. Untuk mendorong implementasi lanjutan, artikel ini mengkaji proses kombinasi pembelajaran berbasis masalah dan assessment. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran penggunaan model problem based learning dan assessment dan manfaatnya bagi kompetensi siswa
Full Text:
PDFReferences
Alharbi, H.A. 2017. The Effectiveness Of Problem Based Learning: Literature Review. International Journal of Current Research. Vol. 9, Issue, 04, pp.4955949565,
Alias, M., Masek, A., & Salleh H.H.M. 2015. Self, Peer and Teacher
Assessments in Problem Based Learning: Are They in Agreements?.
Social and Behavioral Sciences, 204 2015, 309-317.
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi pendidikan melalui problem based
learning. Bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era
pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arends, Richard. I. 2008. Learning to Teach. Seven edition, Terjemahan oleh prayitno dan prayitnodari Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.
Budiyono. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Universitas Sebelas
Maret Press
Djamarah, S.B. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.
Jakarta : Rineka Cipta.
Kartono. 2012. Efektivitas Penilaian Diri dan Teman Sejawat Untuk
Penilaian Formatif dan Sumatif Pada Pembelajaran Mata Kuliah Analisis
Komplek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Maggi, S. & Claire H.M. 2004. Foundations of Problem Based
Learning. New York: Open University Press.
Pribadi, B. A. 2011. Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wulandari, B., & Sujono, H. D. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3 (2), hal 178-191.
Yew, E. H. J., & Goh, K. 2016. Problem-Based Learning: An Overview
of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, Vol 2 (2), page 75-79.
Refbacks
- There are currently no refbacks.