Peningkatan Self Esteem Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pelayanan Prima Melalui Model Pembelajaran Carousel Feedback

Eva Mirza Syafitri, Netty Lisdiantini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model carousel feedback untuk meningkatkan self esteem mahamahasiswa dalam mata kuliah Pelayanan Prima. Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas: Planning – Perencanaan, acting & observating – tindakan dan pengamatan, reflecting – perefleksian dan revise plan – perbaikan rencana. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum penerapan Carousel Feedback dalam mata kuliah Pelayanan prima sebagian besar mahamahasiswa memiliki self esteem rendah akan tetapi setelah diterapkannya model ini sebagian besar mahasiswa memiliki self esteem tinggi.

 

Full Text:

PDF

References

Afian, A. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi Model Quiz-quiz Trade dan Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keaktifan Belajar dan Self Esteem. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Bos, A.E.R., Muris P., Sandra, M., Herman P.S. 2006. Changing Self Esteem in Children and Adolescents : A Roadmap for Future Intervintions.

Adolcents Development. Annual Reviews of Psychologi, 52 : hal. 83-110.

Coopersmith, S. 1967. The Antecedents of Self-Esteem. San Fransisco. W. H. Freeman and Company.

Hakim, A R. 2014. Peningkatan Hasil Belajar dan Harga Diri (Self Esteem) melalui Pembelajaran Kooperatif Model Fan-N-Pick dan Team Game Tournament pada Siswa di Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Heusman, S. & Moenich, D. 2003) Achievement Still On The Rise at

Catalina Ventura School, (Online), (http://www.kaganonline.com/free_articl

es/research_and_rationale/304/Achieve

ment-Still-on-the-Rise-At-CatalinaVentura-School) diakses 10 Oktober

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.

Kagan, S. 2012. Cooperative Learning. (Online),

(http://www.kaganonline.com/) diakses 8 juni 2013

Kagan, S. dan Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Kemmis, S.,& McTaggart. R. 1998. The Action Research Planer (3rd ed.). Geelong, Australia: Deakin University Press.

Lie, A. 2004. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang

Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mahananingtyas, E. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Efikasi Diri Siswa (Studi Pembelajaran IPS siswa kelas VI SDN Bandungrejosari 3 Malang). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Muldering, M.A. 2003. Walberta Park Elementary School Succeeds With Kagan Structures, (Online), (http://www.kaganonline.com/free_articl

es/researchpand_rationale/332/Walberta-ParkElementary-School-Succeeds-withKagan-Structures) diakses 10 Oktober 2013.

Nardi, M. 2013. Penerapan Model TSTS dan Carousel Feedback untuk

Meningkatkan Efikasi Diri dan Prestasi Akademik Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Saenz, M. 2011. Classroom Management: An Emphasis On Positive

Dicipline, (online), (https www.fresno.edu sites default file s saen -monica.pdf ) diakses 12 Oktober 2013.

Slagle, D. R. 2007. The Use Cooperative Learning to Promote Academic achievement, Self Esteem, Intergroup Relations In a High School Social Studies Class. Thesis. USA : Deviance College.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafitri, E. M. 2014. Peningkatan Hasil Belajar dan Self Esteem Siswa Melalui Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Fan N Pick dengan

Carousel Feedback Pada Mata Pelajarn Pelayanan Kepada Pelanggan (Studi pada Siswa Kelas XI APK SMK Muhammadiyah 2 Malang). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.