Peningkatan Kecepatan Mengetik 10 Jari Melalui Penerapan Metode Drill Dan Resitasi (Pada Peserta Didik Kelas X Ap 1 SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019)

Patni Ninghardjanti, Atik Yuwantiningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecepatan dan ketepatan mengetik 10 jari peserta didik kelas X AP 1 SMK Negeri (SMKN) 1 Surakarta dengan penerapan metode drill dan resitasi. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus (siklus I, dan siklus II), setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi; dengan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif persentase. Saat tes awal (pra siklus) mengetik kecepatan dengan tanpa menggunakan 10 jari menunjukkan bahwa dari 36 peserta didik rata-rata kecepatan mengetik adalah 67 karakter per menit (kpm), dan hanya 10 peserta didik (28%) yang berhasil mencapai ketepatan mengetik 95%. Target ketuntasan untuk kecepatan mengetik adalah 110 kpm dengan ketepatan 95%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan mengetik 10 jari dengan penerapan metode drill dan resitasi. Pada siklus I, keterampilan mengetik 10 jari peserta didik rata-rata mencapai kecepatan 88 kpm dengan 23 peserta didik (64%) mencapai ketepatan 95%, kemudian pada siklus II rata-rata kecepatan mencapai 110 kpm dengan 32 peserta didik (89%) mencapai ketepatan 95%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan mengetik 10 jari peserta didik kelas X AP 1 melalui penerapan metode drill dan resitasi. Keterampilan mengetik 10 jari tersebut
terjadi secara bertahap sejak siklus I hingga siklus II.

Full Text:

PDF

References

Aliyu, M.B. 2012. Integrating e-Learning in Technical and Vocational Education: A Technical Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 2, No. 5.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djanewar, Sudarmin. 1994. Mengetik SMK Jilid 1. Armico: Bandung.

Gie, The Liang. 2007. Mahir Mengetik Dengan 10 Jari. Surabaya: PT Java Pustaka Media Utama.

Gunawan, Wawan. 2008. Teknik Efektif Mengetik 10 Jari. Bandung: Yrama Widya.

Hakim, Muhammad Lutfi. 2018. Teknologi Perkantoran. Surakarta:

Mediatama.

J.Paat, dkk. 1982. Belajar Mengetik Metode Modern. Jakarta: Pradnya

Paramita.

Lubbe, Elsie. Jane Monteith and Elsa Mentz. 2006. The Relationship Between Keyboarding Skills And Self-Regulated Learning. South African Journal Of Education Vol 26. No.2. hal 281-293.

Marimin, dkk. 2012. Keyboarding Dengan System 10 Jari. Semarang:

Unnes Press.

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran

Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, Agus. 2018. Teknologi Perkantoran. Jakarta: Bumi Aksara.

Roesdiono, Eddy. 2004. Mengetik Manual: Sistem 10 Jari. Jakarta: Bagian ISBN 978-602-73280-1-3 13 www.snpap.fkip.uns.ac.id Proyek Pengembangan Kurikulum Direktorat Dikmenjur Dirjen Dikdasmen.

Sulastri, Tuti. 2014. Analisis Mengetik Cepat 10 Jari Menggunakan Teknologi Komputer Berbasis Aplikasi Software Rapid Typing. Jurnal PKIA. Vol. 4. No.2.

Sutirman. 2010. Pemanfaatan Program Aplikasi Rapid Typing Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mengetik Manual.

Yogyakarta: UNY.

Tim Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tony, Heryan. 2011. Belajar Mengetik Cepat Dengan 10 Jari. Diakses Pada Tanggal 4 Oktober 2018 dari http://www.heryantony.com.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.