Urgensi Pemahaman Konsep Personal Marketing Bagi Lulusan Administrasi Perkantoran Profesional Di Perusahaan

Istiadi Istiadi

Abstract

Karyawan baru biasa diindetikkan dengan karyawan yang belum memiliki pengalaman kerja yang cukup sehingga ketika memasuki dunia kerja tidak siap baik dari aspek hard skill maupun soft skill. Walaupun sebenarnya hal tersebut tidaklah selalu benar.  Pemahaman terhadap konsep personal marketing bagi karyawan baru akan sangat membantu bahwa dirinya memang perlu memiliki kompetensi yang siap dipasarkan dan bekerja didalam perusahaan.  Konsep marketing pada dasarnya tidak hanya dapat diaplikasikan didalam memasarkan produk perusahaan, tetapi juga didalam memasarkan ketrampilan diri seorang karyawan baru didalam perusahaan.  Orang atau person seperti layaknya sebuah produk dapat dipasarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen atau perusahaan.  Untuk itulah agar berhasil dialam memasarkan dirinya kepada perusahaan ( personal marketing  ) perlu strategi khusus yang harus secara konsisten -diterapkan oleh sesorang.  Strategi –strategi ini tidak terlepas dari strategi differensiasi didalam marketing. Suatu strategi personal yang berusaha untuk memberikan ‘service’ yang berbeda dalam artian positif agar dapat memiliki kinerja yang lebih unggul dibandingkan apa yang dilakukan oleh orang lain. Adapun tujuan dari makalah ini adalah memberikan pemahaman akan betapa pentingnya konsep personal marketing bagi seorang karyawan baru, khususnya mereka yang berasa dari Prodi Administrasi Perkantoran.  Sementara itu metode penelitian yang dipakai dalam adalah metode deskriptif kualitatif  

 

Kata Kunci: personal marketing, karyawan baru, hard skill dan soft skill, dunia kerja.

Full Text:

PDF

References

Kotler, Philips & Gary Armstrong , Priciples of Marketing ,Pearson, 13th, 2010

Bernard, Ruben & Ricky Benn, Membongkar 10 Senjata Utama Pembicara Profesional, Terjemahan, Prestasi Pustaka Publisher, 2009.

SKKNI Administratif Profesional 2017

Tetuwo, Carlina A, Workshop Pelatihan Kesekretarisan , 2013

https://karinov.co.id/manajemen-dan-strategi-pemasaran/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.