PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ADMINISTRASI PERKANTORAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI WILAYAH EKS- KARESIDENAN SURAKARTA
Abstract
Saat ini Bahan ajar berbasis kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) masih sangat terbatas dan bahkan belum ada sama sekali, kalaupun ada guru maupun siswa harus mendownload sendiri dari internet. Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mengidentifikasi ketersediaan dan kelayakan bahan ajar
Administrasi Perkantoran berbasis Kurikulum 2013 yang berorientasi pada kebutuhan guru, siswa dan dunia usaha dan industri, (2) menyusun draft (prototype) bahan ajar administrasi perkanturan berbasis kurikulum 2013 yang berorientasi kebutuhan guru, siswa, dunia usaha dan industri. (3) Melakukan uji coba lapangan awal (preliminary fiels testing) bahan ajar Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran berbasis kurikulum 2013 yang berorientasi kebutuhan guru, siswa dan dunia usaha/industri Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan lokasi penelitian di 8 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Bisnis dan Manajemen yaitu ; (1) SMK N 1 Surakarta, (2) SMK N 3 Surakarta, (3) SMK N 6 Surakarta (4) SMK N 1 Karanganyar. (5) SMK N 1 Sragen, (6) SMK N 1 Boyolali, (7) SMK N 1 Klaten, (8) SMK N Banyudono, dan SMK PGRI Sukoharjo. Teknik pengumpulan data untuk : (1) studi pendahuluan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, (2) uji coba terbatas dan uji coba lebih luas dengan teknik wawancara, Focus Group Discusion (FGD). Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil Penelitian menunjukkan dari hasil studi pendahuluan bahwa 8 SMK di wilayah eks-Karesidenan Surakarta memerlukan bahan ajar berbasis kurikulum 2013, untuk tahun pertama adalah draft bahan ajar Administrasi Humas dan ke protokolan, dan bahan ajar Kearsipan. Bahan Ajar yang pertama merupakan permintaan terbanyak dari guru dan bahan ajar kedua merupakan dasar kompetensi kejuruan di SMK.
Produk yang dihasilkan adalah bahan ajar administrasi perkantoran berbasis
kurikulun 2013 yang telah dikembangkan, yang memuat:) (1) peta konsep, (2)
kompetensi awal, (3) materi, (4) kegiatan (5) tugas portofolio , (6) fenomena,(7) tugas projek, (8) rangkuman, dan (9) evaluasi.
Full Text:
PDFReferences
Borg. Walter, R. Gall, Joyce, P. Gall, Meredith D. (2003). Educatonal Research An Introduction. New York: Pearson Education, Inc. Cunningsworth, Alan. (1995). Choosing Your Course Book. Oxford: Heinemann
Dick, Walter. Lou Carey, and James O.Carey. (2009). The Systematic Design
of Instruction. 7th Ed. Upper Saddler River. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Gagne, R.M, & Driscoll, M.P. (1989). Essential of Learning for Insruction (Second edition). Englewood Cliffs, N.J: Prentice Hall
Gagne, R.M. (1977). The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart & Winston Gall, D, Meredith., Gall, P, Joyce., Borg, Walter, R. (2003). Educational Research: An Introduction. Boston: Allyn and Bacon.
Hackbarth, Steven. (1996). Educational Technology Handbook. Englewood
Cliffs, NJ: Educational Technology Publications
Johson, Keith, Mija, Kim, Fang, Ya, Nava, Liu, Perkins, Andrea., Smith, Dawn., Anne, Margaret., Canela, Soler., and Luwang, Oscar. (2008). A Step
Forward: Investigating Expertise in Materials Evaluation. ELT Journal,
Vol. 62/2, april 2008, doi: 10.1093/elt/ccl021. Ps. 157-163.
John W. Creswnsrtuctiell, Vicki L. Plano Clark. (2007). Mixed Methods
Research. London: Sage Publications
Refbacks
- There are currently no refbacks.